Menghilangkan Kotoran pada Tangki Dispenser

Menghilangkan Kotoran pada Tangki Dispenser - Kualitas air minum yang dikonsumsi dalam suatu rumah tangga dapat mempengaruhi tingkat kesehatan anggota keluarga. Jika konsumsi air minum keluarga anda berasal dari penggunaan dispenser, cek secara berkala apakah bagian dalam tangki dispenser anda sudah kotor atau belum. Kondisi bagian dalam dispenser rentan terhadap kotoran yang mengendap dari air minum, serta suhu yang lembab juga dapat meningkatkan resiko timbulnya lumut di bagian tangki dalam. Berikut cara menghilangkan kotoran pada tangki dispenser anda agar kualitas air minum yang anda konsumsi tetap terjaga.

Cuci tangan anda terlebih dahulu menggunakan sabun dan air mengalir.

Cabut listrik yang terhubung dengan dispenser anda dan matikan saklar air panas.

Bersihkan dulu bagian luar dispenser menggunakan lap atau kanebo lembut agar kotoran yang berada di luar hilang sehingga tampilan dispenser terlihat lebih bersih.

Kuras isi tangki dispenser menggunakan air mengalir, caranya tuangkan air bersih dan buka kran dispenser anda agar air mengalir keluar. Untuk mematikan kuman, anda bisa menguras bagian tangki ini menggunakan air panas. Dalam menjalankan tips cara menghilangkan kotoran di tangki dispenser ini anda harus hati-hati agar tidak mengenai tangan anda.

Selanjutnya anda bisa menggunakan rebusan air lemon untuk menguras sekaligus mengangkat kotoran dari dalam tangki. Caranya, iris tipis lemon dan rebus bersama dengan air sampai mendidih. Tuangkan air ke dalam tangki dan biarkan kran terbuka. Fungsi air lemon adalah untuk mengangkat endapan kotoran yang mungkin terbentuk di dalam tangki dispenser.

Selain air lemon, anda juga bisa menggunakan campuran air dengan cuka dapur. Tetap gunakan air panas untuk mematikan kuman dan dispenser tidak menjadi sarang bakteri.

Dalam cara perawatan dispenser, bila perlu anda bisa mematikan kran air dispenser terlebih dahulu sebelum menuangkan larutan lemon dan cuka ke dalam tangki dispenser. Diamkan larutan di dalam tangki selama kurang lebih 5 menit sambil di goyang-goyang pelan. Tujuannya untuk memastikan kotoran yang menempel luruh. Setelah itu, buka kran dispenser agar air dan kotoran keluar.

Bilas kembali dispenser menggunakan air panas selama 1-2 kali sesudahnya agar bagian dalam dispenser benar benar bersih. Setelah itu, anda bisa menempatkan air galon baru di dispenser seperti biasa. Nah, selamat mencoba!

0 comments:

Poskan Komentar