Informasi Kehamilan dan Persiapan Trimester III

Seorang ibu hamil yang memasuki trimester III kehamilan harus menyiapkan segala sesuatu untuk proses persalinan. Persiapan tersebut bukan hanya alat mandi, pakaian, dan sebagainya, tapi juga kesehatan ibu. Menjelang persalinan, tentu ibu akan merasa cemas dan takut. Nah, informasi kehamilan berikut akan membantu Anda untuk mengusir rasa cemas dengan menyiapkan diri sebaik mungkin.

Senam Hamil
Senam hamil mulai dilakukan ketika kehamilan memasuki usia 20 minggu. Syaratnya ibu harus sehat dan direkomendasikan oleh dokter. Senam hamil ini sangat bermanfaat bagi kekuatan otot panggul sekaligus mempercepat proses persalinan normal. Beberapa gerakan senam hamil juga mengajarkan pada ibu posisi persalinan.

Saat memasuki trimester III kehamilan, sebaiknya ibu teratur melakukan senam hamil. Terutama bagi ibu yang berencana melahirkan secara normal. Pengetahuan kehamilan dan senam hamil bisa didapatkan dari bidan atau kelas senam hamil yang ada di tempat Anda.

Perawatan Payudara
Banyak ibu yang tidak bisa menyusui setelah melahirkan. Padahal, menyusui bisa dilatih sejak hamil. Untuk bisa memberikan IMD dan ASI eksklusif, sebaiknya ibu melakukan perawatan payudara sejak dini. Caranya adalah dengan membersihkan puting dan melakukan pijatan ringan. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan pelancar ASI agar siap menyusui setelah bayi lahir.

Cek Darah
Masalah yang sering terjadi saat persalinan adalah perdarahan. Anda harus mencegah kondisi gawat saat melahirkan dengan cara memastikan hemoglobin dalam batas normal. Jangan sampai terjadi anemia karena bisa meningkatkan resiko kematian ibu jika terjadi perdarahan selama proses persalinan. Informasi kehamilan ini harus diketahui oleh setiap ibu yang hendak melahirkan dengan cara apapun.

Latihan Pernafasan
Jika Anda berencana melahirkan secara normal, sebaiknya mulai latihan pernafasan yang benar. Setidaknya hal ini akan membantu kekuatan pernafasan ketika harus mengejan. Meskipun saat melahirkan nanti akan dibantu oleh bidan, tapi melatih diri merupakan jalan yang efektif untuk mempercepat proses persalinan. Pengetahuan kehamilan khususnya teknik pernafasan ini diperlukan oleh ibu yang hendak melahirkan secara normal. Sedangkan ibu yang harus bersalin dengan sesar tidak perlu latihan tersebut. Semoga artikel Info Kehamilan yang telah admin berikan diatas bisa bermanfaat untuk para ibu hamil di dunia.

0 comments:

Posting Komentar