Resep Sate Kambing Ala Madura

Resep sate kambing adalah salah satu sajian khas nusantara yang memiliki rasa lezat dan banyak disukai orang Indonesia. Salah satu daerah yang dikenal dengan bumbu satenya adalah Madura. Bumbu sate khas Madura terkenal dengan ciri khasnya yaitu menggunakan bumbu kacang dengan tambahan kecap sebagai penyedap rasa. Jika Anda tertarik untuk mencicipi sate kambing khas Madura ini, tak perlu jauh-jauh datang ke daerah asalnya. Cobalah sendiri di rumah dengan resep yang akan kami bagikan berikut ini.

Bahan-bahan:
- 500 gr daging kambing
- 15 buah tusuk sate
- 3 buah jeruk nipis ukuran sedang
- 150 ml kecap manis Bango

Bahan untuk bumbu kacang:
- 5 siung bawang merah, iris halus
- 6 buah cabai rawit atau sesuai selera
- 4 siung bawang putih, iris halus
- 300 gr kacang tanah
- ¼ sdt garam halus
- Air matang secukupnya
- 100 ml kecap manis Bango

Cara membuat resep sate kambing ala Madura:
1. Cuci bersih daging kambing lalu potong kecil berbentuk menyerupai dadu sesuai selera. Selanjutnya bungkus dengan daun pepaya agar daging teksturnya empuk selama kuran lebih 15 menit.
2. Sambil menunggu, goreng kacang tanah hingga matang tapi jangan terlalu gosong untuk membuat bumbu kacang.
3. Kemudian haluskan kacang tanah goreng tersebut bersama dengan bahan bumbu lainnya seperti bawang merah, bawang putih, cabai rawit dan garam halus.
4. Tumis bahan bumbu kacang tadi selama beberapa saat sampai keluar minyaknya.
5. Ambil bumbu kacang yang sudah di tumis tadi kemudian tambahkan sedikit air hingga teksturnya tidak terlalu kental dan tidak terlalu cair, lalu tambahkan kecap manis Bango.
6. Setelah daging kambing empuk, tusukkan masing-masing sebanyak 4 sampai 5 buah ke dalam 1 tusuk sate.
7. Oleskan bumbu ke permukaan daging sate kambing lalu bakar bolak-balik sampai seluruh bagian matang. Tetap oleskan bumbu kacang dan kecap manis Bango secara teratur agar bumbu meresap ke dalam daging dan menambah citarasa hidangan.
8. Jika sudah benar-benar matang, angkat sate dan hidangkan pada piring. Siapkan sisa bumbu kacang dan tambahkan lagi kecap manis Bango untuk rasa gurih dari kedelai hitam malika pilihan.
9. Resep sate kambing ala Madura siap dinikmati bersama keluarga.

0 comments:

Poskan Komentar