Penyebab dan Ciri-ciri Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan atau yang biasa disebut dengan faringitis merupakan salah satu penyakit yang terjadi karena terdapat peradangan di tenggorokan karena beberapa penyebab. Terdapat berbagai macam penyebab yang menyebabkan seseorang menderita faringitis diantaranya adalah karena virus dan bakteri. Penyebab yang menimbulkan penyakit tersebut yang dapat dilihat dari ciri-ciri radang tenggorokan, menentukan pengobatan yang akan diberikan.

Faringitis yang ditimbulkan oleh virus biasanya lebih ringan jika dibandingkan dengan yang ditimbulkan oleh bakteri. Walaupun penggunaan antibiotik dapat dilakukan untuk melawan virus penyebab, namun, penggunaan yang terlalu sering malah akan membuat virus menjadi lebih kebal sehingga penyakit akan menjadi sulit untuk diobati. Gejala radang tenggorokan yang ditimbulkan karena virus, yaitu:
- Tenggorokan terasa perih, gatal dan juga kering.
- Mengalami batuk dan bersin yang menyebabkan suara menjadi serak.
- Demam.

Penyakit radang tenggorokan juga ada yang disebabkan karena bakteri. Penyakit ini lebih parah karena dapat terjadi kemungkinan merambat di katup jantung dan dapat menimbulkan demam rhematik. Terdapat beberapa ciri ciri radang tenggorokan yang ditimbulkan diantaranya yaitu terasa sakit ketika menelan makanan ataupun ketika menelan ludah. Gejala lainnya adalah leher yang membengkak, tenggorokan berwarna merah dan terdapat bercak putih yang muncul di tenggorokan. Selain itu, penderita akan mengalami suhu badan yang meningkat atau mengalami demam dan disertai dengan menggigil.

0 comments:

Poskan Komentar