Cara Mengelola Keuangan Keluarga Setelah Menikah

Mengatur keuangan keluarga sangatlah penting, terutama bagi mereka yang baru menapaki kehidupan berumah tangga. Jika dahulu keuangan hanya untuk diri sendiri, maka sekarang harus memikirkan kebutuhan pasangan juga. Oleh karena itu, komunikasi dengan pasangan merupakan suatu hal yang penting dilakukan untuk mengetahui apa yang harus dilakukan ke depannya.
Bagi mereka yang memiliki penghasilan yang banyak, tentu mengelola keuangan akan menjadi lebih mudah, namun bagi mereka yang memiliki penghasilan pas-pasan, tentu hal ini menjadi sebuah tantangan. Untuk itu, mengetahui cara mengelola keuangan keluarga setelah menikah wajib diketahui oleh setiap pasangan sehingga uang yang didapat tidak akan habis seketika melainkan dapat digunakan untuk membiayai kebutuhan di kemudian hari.

Mari simak beberapa cara mengelola keuangan keluarga setelah menikah di bawah ini:
1. Hitunglah penghasilan bersih keluarga dan kebutuhan pokok setiap bulannya. Setelah mengetahuinya, maka anda bisa mengalokasikan dana untuk membiayai kebutuhan pokok keluarga.
2. Jika ada kelebihan, maka anda bisa mengalokasikannya untuk disimpan untuk berjaga-jaga, untuk investasi, dan ditabung untuk masa depan. Anda tidak boleh menghabiskannya semua untuk belanja, apalagi membeli barang-barang yang tidak anda perlukan.
3. Perkirakan pengeluaran bulan depan dan alokasikan dana sisa untuk membiayai kebutuhan di bulan depan.
Demikian beberapa tips singkat tentang cara mengelola keuangan keluarga yang bisa anda praktekkan di rumah. Meskipun demikian, anda tetap harus berusaha mencari sumber-sumber pendapatan lain untuk membiayai kebutuhan keluarga, menggunakan uang secukupnya untuk membiayai kebutuhan, dan menginvestasikan sisanya untuk masa depan.

0 comments:

Posting Komentar