Tata Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan Secara Efektif

Ikan merupakan jenis bahan makanan yang kaya akan kandungan gizi sehingga sangat baik dikonsumsi untuk menopang kesehatan tubuh. Kandungan gizi dominan yang terdapat pada ikan ialah proteinnya dimana protein ini adalah sebagai zat pembangun yang dapat membantu pertumbuhan anak-anak dan remaja dapat berjalan dengan baik. Ikan juga menjadi bahan makanan yang sangat mudah diolah menjadi berbagai jenis menu makanan bercitarasa nikmat dan lezat. Walaupun mungkin tidak semua orang suka mengolah dan mengkonsumsi ikan ini terutama bagi mereka yang sangat sensitif terhadap bau amis. Bau amis yang seringkali tercium pada ikan sebenarnya terjadi jika ikan telah tersimpan selama beberapa hari lamanya karena ikan yang masih dalam keadaan segar jarang sekali terdeteksi mengeluarkan aroma bau amis. Untuk menghilangkan bau amis pada ikan sendiri, hal tersebut sangatlah mudah untuk diatasi. Karena banyak Cara menghilangkan bau amis pada kulkas yang metodenya tidak rumit dan mudah untuk dipraktekkan.

Cara menghilangkan bau amis pada ikan yang mungkin akan menjadi informasi penting terutama bagi anda yang suka mengolah bahan makanan tersebut adalah sebagai berikut :

1. Mengolesi ikan dengan garam dan air perasan jeruk nipis/lemon. Cara ini mungkin merupakan cara yang banyak dilakukan masyarakat pada umumnya. Ikan yang akan diolesi oleh garam dan air perasan jeruk nipis/lemon tersebut adalah ikan yang telah dicuci dimana sebelumnya insang serta kotorannya telah dibersihkan dan dibuang. Pastikan olesi dengan merata garam dan perasan jeruk nipis/lemon itu pada bagian tubuh ikan kemudian biarkan selama 10-20 menit. Setelah itu bersihkan kembali ikan tersebut sebelum diolah menjadi menu makanan.

2. Merendam ikan dengan air cuka juga dapat menjadi salah satu trik menghilangkan amis pada ikan. Sama prosesnya seperti cara sebelumnya dimana ikan yang akan direndam dengan air cuka ini dibersihkan dahulu dari kotoran dan insangnya baru setelah itu direndam selama 15-20 menit lamanya.

3. Baluri tubuh ikan yang telah dicuci bersih dengan tepung terigu untuk menghilangkan bau amisnya. Ikan yang dibaluri tepung terigu tersebut diamkan selama 10 menit setelah itu cuci kembali ikan dan lakukan proses yang sama sampai beberapa kali sampai bau amisnya tidak tercium kembali.

4. Cara selanjutnya untuk menghilangkan bau amis pada ikan ialah dengan melumuri tubuh ikan yang telah dibuang kotorannya dan dicuci bersih dengan parutan jahe dan bawang putih kemudian diamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu cuci dengan bersih ikan tersebut dan pasti bau amisnya tidak akan tercium lagi.

0 comments:

Posting Komentar