Membuat Resep Kue Nastar yang Lumer di Mulut

Iya, kue berbahan dasar tepung terigu dan memiliki isi selai nanas ini memang spesial. Tak heran jika resep kue nastar selalu banyak dicari dan diutak-atik agar rasanya lebih istimewa. Hampir dalam semua perayaan, kue nastar ini selalu hadir. Sebut saja lebaran, Natal, bingkisan bagi mereka yang pindah rumah, hampers atau bingkisan bagi mereka yang mengadakan acara, atau hanya sekedar menjadi camilan untuk menemani rutinitas minum teh.

Pembuatannya yang sangat mudah dan rasanya yang menggigit, karena rasanya merupakan campuran dari gurih mentega dan legitnya selai nanas yang selain manis juga ada rasa asamnya. Bahan-bahan untuk membuat nastar sangatlah mudah, yaitu:
• 150 gr mentega (yang mengandung lebih banyak susu dan biasanya berwarna putih),
• 100 gr margarin (disarankan menggunakan Blueband),
• Susu bubuk, 50 – 100 gr (tergantung selera),
• Gula halus, 90 – 100 gr (tergantung selera),
• 300 gr tepung terigu protein sedang,
• 50 gr tepung maizena,
• Kuning telur 3 butir,
• Vanilla ½ sendok teh.

Maizena diatas ditambahkan agar ketika adonan dibuat nantinya tidak lumer karena ada mentega yang ditambahkan. Selanjutnya yaitu cara membuat kue nastar:
1. Ayak tepung terigu, maizena, dan susu jadi satu.
2. Kocok perlahan mentega, margarin, vanili dan gula, tidak perlu terlalu lama, asal tercampur rata saja.
3. Tambahkan kuning telur satu persatu dan kocok dengan mixer secara perlahan.
4. Setelah tercampur, masukkan ayakan tepung terigu diatas dan aduk menggunakan alat seperti spatula atau adukan kayu.

Dalam membuat adonan ini, usahakan untuk seminim mungkin tidak menggunakan tangan secara langsung. Karena jika menggunakan tangan secara langsung, dikhawatirkan aliran panas akan berpindah ke adonan dan membuat adonan matang. Bahkan agar nantinya kue terlihat lebih kering di bagian luar, disarankan untuk memasukkan adonan kue diatas ke dalam kulkas, baru kemudian dibentuk dan diisi oleh adonan selai. Setelah sebelumnya di bungkus dengan menggunakan plastik terlebih dahulu. Tak perlu terlalu lama, satu jam saja cukup. Demikian resep kue nastar yang akan menghasilkan kue yang sangat lembut dan lumer di dalam, namun kering di luar. Selamat mencoba!

0 comments:

Posting Komentar