Ini Dia Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Kolesterol merupakan salah satu zat penting yang diperlukan oleh tubuh untuk membangun dinding sel. Selain itu kolesterol juga berperan dalam proses pembentukan hormon. Namun karena beberapa sebab tertentu, kadar kolesterol dalam darah terkadang melebihi ambang batas normal, dan hal tersebut bisa membahayakan kesehatan tubuh. Penyebab utama naiknya kadar kolesterol dalam darah adalah pola makan yang salah. Sebagian besar orang cenderung suka mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh/ lemak jahat yang mengakibatkan naiknya kolesterol dalam darah.

Peningkatan kolesterol yang terjadi secara terus-menerus jika tidak segera diatasi  bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh. Untuk itu Anda harus waspada dan kenali gejala awal terjadinya peningkatan kolesterol dalam darah, antara lain sering terjadi kesemutan pada telapak tangan atau kaki, dan terkadang disertai perasaan mati rasa atau kebas. Apabila Anda sering mengalami gejala tersebut sebaiknya segera konsultasi ke dokter. Selanjutnya dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan, termasuk cek darah untuk memastikan penyakit Anda, apakah memang benar telah terjadi kenaikan kadar kolesterol atau tidak. Bagaimana cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami? Ini dia triknya!

• Lakukan olahraga secara rutin
Berolahragalah secara rutin setiap pagi atau sore hari selama sekitar 30-60 menit. Pilih jenis olahraga yang mudah dilakukan seperti jalan-jalan, jogging, bersepeda, atau berenang. Usahakan tubuh Anda berkeringat yang berarti aktivitas tersebut telah berhasil membakar lemak dalam tubuh sehingga secara otomatis membantu menurunkan kadar kolesterol.

• Banyak mengkonsumsi sayuran yang mengandung antioksidan
Perbanyak mengkonsumsi sayuran yang mengandung zat antioksidan karena antioksidan dapat membantu melawan radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh dan menimbulkan penyakit dalam tubuh. Beberapa sayuran yang mengandung zat antioksidan antara lain tomat, wortel, kacang-kacangan, dan sayuran yang berwarna hijau tua. Zat antioksidan dalam sayuran berupa vitamin A vitamin C, vitamin E, flavonoid, betakaroten, polifenol, dan selenium. Sayuran bisa dikonsumsi sebagai lalapan atau dimasak namun jangan terlalu matang agar nutrisinya tidak banyak berkurang.

• Perbanyak konsumsi buah-buahan
Selain memperbanyak mengkonsumsi sayuran, Anda juga harus memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan. Pilih jenis buah yang kaya vitamin C atau vitamin E, misalnya jeruk, manggis, sirsak, strawberry, alpukat, dan sebagainya.  Jeruk, manggis, sirsak, dan strawberry mengandung vitamin C yang tinggi serta beberapa zat penting lainnya, sedangkan alpukat kaya akan vitamin E dan lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan tubuh dan membantu menurunkan kadar kolesterol.

• Konsumsi coklat hitam (dark chocolate)
Coklat hitam mengandung kadar flavonoid yang tinggi dan juga kaya akan zat antioksidan. Sejak ribuan tahun lalu, Suku Aztects dan Suku Nahuatl di Amerika telah menggunakan coklat hitam sebagai obat tradisional penyakit perut, pereda stress, penyakit jantung, menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah, dan lain sebagainya.

Selain melakukan cara-cara tersebut, untuk menjaga agar kadar kolesterol Anda tetap normal hindari makanan berlemak dan mengandung kolesterol tinggi, antara lain aneka jenis gorengan, cumi-cumi, kepiting, kerang, telur putuh, mentega, dan daging jeroan. Anda juga perlu menghindari jenis fast food dan junk food. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Posting Komentar