Makanan Bayi 6 Bulan dengan Resep Rumahan yang Sehat

Saat bayi berumur 6 bulan tentu ini saatnya untuk memberikan makanan pendamping ASI, kita tidak boleh sembarangan memberikan makanan bayi 6 bulan. Pertama yang harus diketahui pastikan makanan yang akan diberikan bayi bebas dari kotoran atau debu. Makanan pendamping ASI untuk bayi 6 bulan atau MPASI 6 bulan sebaiknya diberikan secara tepat waktu. Artinya kita harus memberikan MPASI ketika bayi sudah pas memasuki usia 6 bulan tidak kurang dan tidak lebih. Jika memberikan MPASI terlalu dini maka akibatnya bisa fatal karena bayi yang belum siap menerima MPASI resikonya adalah bisa meninggal karena tersedak.

Makanan Bayi 6 Bulan dengan Resep Rumahan yaitu Pure Bubur Labu Kuning
Kita juga tidak boleh memberikan MPASI 6 bulan melebihi usianya karena kalau memberikan MPASI saat usia 6 bulan lebih maka bayi bisa mengalami kekurangan gizi. Dokter anak menganjurkan untuk memberikan makanan bayi 6 bulan tidak boleh dicampuri gula, garam dan MSG. Jadi, untuk awal-awal pengenalan bayi usia 6 bulan lebih baik diberikan makanan hambar. Untuk mendapatkan rasa manis kita bisa memakai rasa manis alami dari buah seperti pisang, buah naga, alpukat atau apel. Tentunya sebelum diberikan pada bayi, buah-buahan tersebut harus dilumatkan atau diblender terlebih dahulu. Di sini ada beberapa resep runahan MPASI 6 bulan yang sehat dan bisa menjadi inspirasi para ibu.

Bubur susu
Bayi usia 6 bulan hanya boleh diberi makanan lembek berupa bubur pure saja. Kita tidak boleh memilih sembarangan makanan yang akan diberikan pada bayi. Untuk membuat bubur susu sangatlah mudah. Bahan-bahan yang diperlukan:
1. Tepung beras bisa juga tepung gasol dan tepung kacang hijau
2. Susu formula atau lebih baik ASI

Cara membuatnya campurkan tepung dengan sedikit air lalu masak hingga meletup-letup, angkat dan taruh di wadah kemudian campurkan susu formula/ASI. Sajikan pada bayi.

Pure Pepaya
Memberikan MPASI pada bayi 6 bulan memang sebaiknya dengan makanan lumat seperti bubur pure. Untuk membuat bubur pure pepaya bahan-bahannya adalah;
1. Pepaya yang sudah dipotong-potong
2. ASI/sufor
Cara membuat, blender pepaya hingga benar-benar halus kemudian tuangkan ke wadah, lalu tambahkan dengan ASI/sufor. Sajikan pada bayi.

Pure ubi ungu
Ubi ungu sangat baik sekali diberikan pada bayi 6 bulan karena kandungan seratnya yang sangat tinggi. Bahan-bahan untuk membuat bubur pure ubi ungu adalah;
1. Ubi ungu yang sudah dipotong kecil
2. ASI/sufor
Cara membuat, kukus ubi ungu terlebih dahulu hingga matang lalu lumatkan hingga halus. Setelah itu campur ubi ungu dengan ASI/sufor dan sajikan pada bayi.

Pure Kentang
Kentang memiliki kandungan karbohidrat yang bisa membuat bayi kita berenergi. Untuk membuat bubur pure kentang bahan-bahan yang diperlukan antara lain;
1. Kentang yang sudah dipotong kecil
2. ASI/sufor
Cara membuat, kukus kentang yang sudah dipotong tadi hingga matang dan empuk kemudian lumatkan sampai halus. Tuangkan diwadah dan campur dengan ASI/sufor, sajikan pada bayi.

Untuk membuat makanan pendamping ASI memang sangatlah mudah dan sangat dianjurkan sekali memberi MPASI dengan resep rumahan. Kita boleh memberikan makanan bayi olahan pabrik jika diperlukan namun alangkah baiknya bagi para ibu untuk memasak MPASI 6 bulan sendiri. Dengan memasak sendiri kita bisa tahu nutrisi apa yang bagus untuk si kecil. Membuat makanan bayi 6 bulan dengan resep rumahan yang tanpa tambahan gula, garam dan MSG akan membuat bayi jauh lebih sehat.

0 comments:

Posting Komentar