Perkembangan Janin Trimester Pertama yang Bunda Wajib Ketahui

Hamil memang menjadi salah satu hal istimewa bagi seorang wanita dan bagi ibu muda yang baru pertama kali mengandung pastinya ini menjadi pengalaman baru, tidak sedikit para ibu muda mengetahui perkembangan-perkembangan janin yang dikandungnya dan di sini kita akan membantu para bunda untuk mengetahui perkembangan janin trimester pertama. Pada trimester pertama kebanyakan seorang ibu akan merasakan mual-mual dan bahkan muntah karena pengaruh hormon yang membentuk plasenta.

Kandungan trimester pertama biasanya akan membuat calon ibu merasa pusing, mual dan muntah. Pada usia awal kehamilan seorang ibu jug akan merasakan yang namanya ngidam. Pada janin trimester pertama perkembangan janin sangatlah pesat dari minggu ke minggu. Maka dari itu ibu hamil harus banyak istirahat dan cukup nutrisi untuk membantu perkembangan janinnya. Studi menyimpulkan jika ingin mempunyai anak cerdas maka sejak dari awal kehamilan ibunya harus banyak makan dan minum yang bergizi. Berikut ini adalah tahapan-tahapan perkembangan bayi pada trimester pertama yang bunda wajib ketahui;

Minggu ke 1-minggu ke 4
Saat sel sperma sudah membuahi sel telur maka selanjutnya sel sperma akan menjadi zigot. Zigot ini yang nantinya akan membentuk menjadi DNA baru dan pembuahan ini akan terjadi pada Tuba Fallopi atau pada saluran telur dan pembuahan pada Tuba Fallopi akan berlangsung selama 7 hari. Setelah itu zigot akan melakukan perjalanan ke rahim dan selama perjalanan zigot akan membelah dan membentuk 16 sel dan pembelahan ini akan terus terjadi hingga zigot akan membentuk sebuah sel bulat berongga.

Minggu ke 5
Setelah zigot masuk ke rahim dan memasuki usia minggu ke 5 maka selanjutnya zigot akan berubah menjadi embrio. Pada minggu ke 5 embrio masih berukuran sebiji apel tetapi sudah memiliki beberapa bagian tubuh seperti kuku, rambut, sumsum tulang belakang dan juga saraf-saraf. Cairan ketubanpun juga sudah mulai ada.

Minggu ke 6
Pada usia ini janin akan sudah terlihat seperti berudu dan juga sudah memiliki organ-organ tubuh seperti jantung, ginjal, hati dan usus.

Minggu ke 7
Pada usia kehamilan minggu ke 7, jantung janin sudah mulai berdetak dan bahkan mencapai 110/150 per menit. Pada usia ini janin sudah mulai bergerak namun ibu belum bisa merasakannya.

Minggu ke 8
Janin usia 8 minggu sudah memiliki jantung dan otak yang komponennya sudah kompleks. Pada usia ini wajah janin sudah mulai terbentuk, dahinya membesar dan kelopak mata masih terletak di tepi kepala. Panjang janin umumnya sekitar 2,3 cm.

Minggu ke 9
Pada usia ini janin sudah terlihat jelas seperti bayi. Hidung dan tangan sudah mulai berkembang mendekati sempurna dan kulitnya masih sangat tipis.

Minggu ke 10 dan 11
Memasuki usia ke 10 dan 11 janin sudah berkembang sempurna dan terus tumbuh besar. Di usia ini janin sudah memiliki seluruh bagian tubuh dan sudah bisa menelan makanan. Pada usia ini janin sudah sangat aktif menendang ke sana kemari.

Minggu ke 12
Pada minggu ke 12 janin perkembang sangat pesat meskipun masih berukuran ibu jari. Janin usia 12 minggu sudah sangat sempurna bentuk tubuhnya.

Minggu ke 13
Pada akhir trimester pertama janin sangat-sangat siap untuk terus berkembang sampai trimester berikutnya. Pada usia ini janin sudah memiliki reflek yang sangat besar jika disentuh dia bisa merasakannya.

Demikian adalah tahapan perkembangan janin pada trimester pertama. Semoga artikel janin trimester pertama ini bisa member banyak informasi kepada para ibu.

0 comments:

Posting Komentar