7 Contoh Pantun Populer Dalam Kumpulan Pantun Terlengkap

7 Contoh Pantun Populer Dalam Kumpulan Pantun Terlengkap - Dalam hal membuat pantun, anda tentu membutuhkan referensi yang dapat membatnu anda dalam memproses rasa menjadi ungkapan pantun. Itu dapat anda pelajari dengan mudah. Cara yang mudah adalah dengan mencontoh beberapa referensi sehingga anda mendapatkan pola-pola dan variasi yang ada. Anda dapat menerapkannya dengan ide-ide yang anda miliki. Berikut adalah kumpulan pantun terlengkap yang  dapat menginspirasi anda.

1. Pantun humor yang menghibur
Pantun jenis ini memiliki sajian lucu dan kocak di dalamnya. Anda dapat menyisipkan lelucon dalam sisi sehari-hari. Tidak perlu terlalu puitis dalam membawakannya. Yang anda lakukan adalah dengan bebas membuat lelucon yang santun, itu lebih baik.

2. Pantun jenaka warisan nenek moyang yang masih eksis
Pantun ini memiliki makna yang sama dengan pantun di atas, namun pembawaannya harus sedikit lebih puitis karena ini merupakan pantun tradisional. Lebih banyak jenaka ini dibumbui dengan tema-tema melayu yang menampilkan kesan lebih bermakna dan terikat budaya. Namun sekarang ini, keberadaannya sering lebih fleksibel dan beradaptasi dengan budaya bahasa global.

3. Pantun Nasehat yang memotivasi
Syair ini memerlukan keterampilan memotivasi atau memberikan saran. Saran yang ada di benak anda, dapat dituangkan dalam bentuk ikatan sajak abab yang lebih indah terdengar lawan bicara anda. Nasehat anda akan terdengar lebih merdu dan indah oleh pendengar sehingga nasehat lebih tersampaikan.

4. Pantun teka-teki yang menantang
Dalam hal berkomunikasi, terkadang kita sering membutuhkan hal atau topik bicara yang menantang agar suasana terkesan hidup dan tidak monoton. Anda dapat mengemasnya dalam bentuk pantun. Ini menjadi permainan yang bermakna dan menghibur. Cirinya adalah terdapat pertanyaan yang membuat lawan bicara menjadi penasaran di akhir sajak.

5. Pantun Gombal yang sangat populer
Masa pantun ini sangat berkembang dengan hadirnya komedian-komedian Indonesia yang menjadi tren masyarakat seperti Sule dan andre Taulany pada acara salah satu stasiun televisi swasta. Pada intinya, pantun ini digunakan untuk menghibur dan merayu seseorang. Namun kini rayuan itu hanya sebatas gombalan atau permainan hati belaka, dan tidak serius.

6. Pantun Galau yang menggugah hati
Lantunan ini dapat berisi tentang rasa kegalauan hati yang dituangkan dalam bentuk sajak empat baris nan anggun. Caranya adalah dengan memasukkan kata-kata galau pada sajak pantun yang anda buat. Yang menentukan ini dikatakan galau adalah pada isi pantunnya.

7. Pantun Cinta Romantis bumbu-bumbu percintaan
Dalam hal membuat pantun cinta, anda harus belajar mempuitiskan bahasa. Tujuannya adalah apa yang ingin anda sampaikan terkesan halus dan hangat di hati pasangan anda. Orang yang romantis mungkin mudah untuk melakukannya. Namun bagi anda yang sulit memiliki ungkapan romantis atau tidak jago, anda dapat lebih banyak membaca referensi kumpulan pantun terlengkap bertajuk romantisme. Jika sudah, anda tinggal merangkai ungkapan hati romantis anda pada sajak abab ini.

0 comments:

Posting Komentar