Pentingnya Persiapan Umroh Dari Segi Jasmani Dan Rohani

Pentingnya persiapan umroh - Sebagai seorang muslim yang taat pastinya ingin melaksanakan seluruh perintah Allah SWT dengan sebaik mungkin, dari berbagai macam perintah yang telah diajarkan pergi ke tanah suci Mekkah untuk melaksanakan ibadah haji merupakan impian bagi setiap umat muslim di seluruh dunia. Memang tak semua orang yang memiliki kesempatan untuk melaksanakan ibadah haji karena membutuhkan biaya yang tak sedikit namun selama ada kemauan yang kuat, ikhtiar dan do’a semua pasti bisa terjadi.

Selain haji ibadah lain yang juga hanya bisa dilaksanakan di tanah suci yaitu umroh, kedua jenis ibadah ini memerlukan biaya yang cukup besar. Namun perlu anda ketahui selain menyiapkan biaya yang cukup besar juga masih terdapat hal lain yang perlu anda persiapkan sebelum pergi ke tanah suci dan menunaikan ibadah umroh. Ingin tahu apa sajakah hal yang perlu dipersiapkan sebelum menunaikan ibadah haji, berikut ulasan mengenai pentingnya persiapan umroh.

• Menjernihkan niat
Hal pertama dan menurut saya paling penting yang perlu dipersiapkan sebelum berangkat umroh yaitu membersihkan hati dan menjernihkan niat, melaksanakan secara ikhlas dengan hanya mengharapkan ridho dari Allah. Dengan cara seperti ini kita dapat benar-benar merasakan nikmatnya melaksanakan umroh dan beribadah di tanah suci. Selain itu dengan mensucikan niat membuat hati kita terhindar dari perasaan pamer, riya’, ingin dipuji dan sebagainya yang dapat menghilangkan pahala dari umroh itu sendiri.

• Mempelajari doa dan tata cara dengan seksama
Sebelum melaksanakan haji anda pasti akan melaksanakan manasik haji terlebih dahulu dengan mempelajari do’a-do’a dan tata caranya agar ibadah haji tersebut sah dan bernilai ibadah begitu juga dengan umroh anda juga perlu mempelajari terlebih dahulu do’a-do’a yang nantinya akan dilantunkan disana sekaligus tata cara yang benar agar umroh yang dilaknakan diterima oleh Allah dan bernilai ibadah.

• Menyiapkan batin
Hal terakhir yang perlu dipersiapakan seseorang sebelum umroh yaitu menyiapkan batin dengan tetap rendah hati seusai melaksanakan umroh, semakin mendekatkan diri kepada Allah dan sekli lagi mensucikan hati agar terhindar dari hal-hal yang dapat merusak pahala dari umroh itu sendiri.
Pentingnya Persiapan Rohani Sebelum Umroh

• Persiapkan fisik
Setelah membahas menngenai pentingnya persiapan umroh dari sisi rohninya maka sekarang kita bahas dari sisi jasmani. Haji dan umroh memiliki rukun yang hampir sama dan dari rukun-rukun tersebut sebagian besar merupakan tenaga fisik yang memerlukan tenaga seperti thawaf yang mengelilingi ka’bah sebanya 7 kali di tengah kerumunan orang banyak, berjalan kaki dari shofa ke marwah dengan jarak yang cukup jauh yang disebut dengan sa’i.

Dengan ibadah fisik semacam itu anda perlu mempersiapkan sebelum berangkat umroh dengan sebaik mungkin namun jika tidak sempat atau tidak mampu juga tidak perlu memaksakan karena bagi seseorang yang melaksanakan ibadah haji ataupun umroh akan mendapatkan semacam energi alam ketika mereka berada di daerah mekah hingga yang sakit, tua atau memiliki keterbatasan lain pasti akan mampu melaksanakan ibadah dengan sempurna.

• Perlengkapan sesuai kebutuhan
Pentingnya persiapan umroh terakhir yang juga perlu dipersiapkan yaitu peralatan atau perlengkapan selama berada di tanah suci. Silahkan anda bawa barang-barang yang hanya benar-benar diperlukan dan jangan membawa satu jenis barang dengan jumlah yang terlalu banyak karena dapat menghambat anda dalam pemeriksaan ketika di bandara. Bawa barang bawaan seperlunya dan sewajarnya saja selain itu pelaksanaan ibadah umroh juga tak memerlukan waktu yang cukup lama jadi yang terpenting bawalah identitas atau dokumen penting.

0 comments:

Posting Komentar