Pentingnya Persiapan Umroh yang Harus Anda Tahu

Umroh merupakan sebuah ibadah sunnah yang di anjurkan di dalam Islam Khususnya bagi orang yang mampu baik itu fisik maupun finansial. Ibadah Umroh dapat di lakukan kapanpun terkecuali pada hari Arafah serta hari Tasrik. Berbeda dengan ibadah Haji yang di lakukan pada awal bulan syawal hingga 10 hari dalam bulan dzulhijjah. Pada saat melakukan ibadah umroh biasanya kita akan bersama rombongan dengan melalui biro agen penyedia jasa layanan umroh. Kita tidak bisa sembarangan biro agen, tentunya kita harus selektif dalam memilih biro umroh yang seharusnya memiliki ijin resmi dari kementerian Agama.

Perlengkapan Saat Ibadah Umroh

Sebelum berangkat ke tanah suci, biasanya para rombongan umroh akan melakukan manasik umroh yang di laksanakan di suatu tempat yang telah di tentukan oleh penyelenggara. Pentingnya persiapan umroh adalah supaya kita dapat mengetahui tata cara pelaksanaan ibadah Umroh dengan benar. adapun pada saat akan berangkat umroh perlu memperhatikan pentingnya persiapan umroh seperti:

1. Obat-obatan pribadi
Bagi anda yang menderita penyakit tertentu sebaiknya mempersiapkan obat-obatan yang sekiranya akan anda perlukan ketika di tanah suci meskipun dari pihak biro perjalanan telah menyediakan obat-obatan akan tetapi alangkah baiknya jika kita membawa sendiri obat-obatan pribadi kita dari rumah.

2. Pakaian dan peralatan mandi
Pakaian serta perlengkapan mandi menjadi barang pokok yang harus di persiapkan. Supaya ketika di tanah suci anda dapat beribadah dengan tenang jika membawa perlengkapan pakaian yang di butuhkan untuk beribadah di sana. susunlah pakaian serta peralatan mandi anda di tata dengan rapi supaya tidak memenuhi koper. Pastikan juga sabun, handuk, shampo pasta gigi dan sikat gigi tidak ketinggalan.

3. Tasbih dan Doa-doa
Ketika beribadah Umroh di tanah suci tentunya kita ingin berdoa sebanyak-banyaknya bukan? Tasbih dan doa-doa merupakan salah satu dari Pentingnya persiapan umroh yang di siapkan. Pada saat anda melaksanakan manasik umroh, pastikan anda menerima buku yang berisikan kumpulan doa-doa yang akan dapat anda lafalkan saat ibadah Umroh. Buku ini dapat anda bawa kemanapun anda pergi pada saat di tanah suci. Selain lafalan doa-doa anda juga harus membawa tasbih supaya memudahan anda dalam berzikir selama dalam perjalanan ibadah Umroh.

4. Kondisi mental dan fisik
Pentingnya persiapan umroh sebelum berangkat ke tanah suci untuk ibadah umroh, sebaiknya anda perlu menjaga kondisi tubuh anda supaya selalu fit. Anda bisa mencoba berbagai jenis olahraga ringan seperti lari ataupun jogging. Dengan melatih fisik sedari dini. Di harapkan pada saat anda berada di tanah suci, tubuh anda akan selalu sehat dan dapat mengikuti rangkaian ibadah dengan tenang dan lancar. Selain olah raga, asupan makanan juga perlu di perhatikan. Perbanyak makan buah dan sayur untuk menjaga stamina tubuh anda selalu dalam keadaan prima. Selain itu anda juga di wajibkan untuk memperbanyak konsumsi air putih.

Demikianlah Pentingnya persiapan umroh semoga dengan artikel ini dapat memberikan faedah serta menambah pengetahuan anda.Wassalam.

0 comments:

Poskan Komentar