Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Silabus dan RPP SMA SMK Terbaru

Silabus dan RPP SMA SMK Terbaru tentang mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas XI semester 1 dengan standar kopetensi mendengarkan berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara. Lalu kompetensi dasarnya adalah Menemukan pokok-pokok isi sambutan/ khotbah yang didengar.
Silabus dan RPP, RPP SMA, Silabus SMK, RPP SMK, Silabus SMA, Contoh RPP dan Silabus, Kumpulan RPP dan Silabus, RPP Terbaru
Silabus dan RPP Materi Pembelajarannya ialah Sambutan atau khotbah tentang pokok-pokok isi sambutan dan ringkasan sambutan/ khotbah. Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatifnya adalah Kepemimpinan dan Keorisinilan. Kegiatan Pembelajaran ialah Mendengarkan sambutan atau khotbah, Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat, Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah, Menanggapi ringkasan isi sambutan atau khotbah.

Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa adalah Bersahabat/ komunikatif dan Kreatif. Indikator Pencapaian Kompetensinya ialah Mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khotbah yang didengarkan, Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat, Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah. Penilaian dengan Jenis Tagihan : tugas individu dan ulangan. Lalu Bentuk Instrumen: uraian bebas, pilihan ganda, dan jawaban singkat. Alokasi Waktunya adalah 2 jam. Sumber/ Bahan/ Alat yaitu tape/ kaset/ khotbah.

Diatas tersebut ialah sebuah contoh Silabus dan RPP pembelajaran di SMA yang mungkin bisa anda gunakan dalam pembuatan RPP Berkarakter untuk SMA atau MA. Apabila masih kurang disini saya masih ada lagi yaitu dengan Standar Kopetensi mengenai Berbicara Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan wawancara. Kompetensi Dasar Menjelaskan secara lisan uraian topik tertentu dari hasil membaca (artikel atau buku). Materi Pembelajaran adalah Artikel/ buku dengan target: pokok-pokok isi artikel/ buku dan hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku. Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Bersahabat/ komunikatif dan Kreatif.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif : Kepemimpinan dan Keorisinilan. Kegiatan Pembelajaran : Membaca artikel/ buku, Mendata pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh dari hasil membaca, Menyampaikan (secara lisan) isi artikel  dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan Mengemukan hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan. Indikator Pencapaian Kompetensi : Mendata pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh dari hasil membaca.

Menyampaikan isi artikel dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Mengemukan hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan. Penilaian Jenis Tagihan : praktik, tugas individu, tugas kelompok. Bentuk Instrumen : unjuk kerja dan format pengamatan. Alokasi Waktu 4 jam pertemuan. Sumber/ Bahan/ Alat : buku/ artikel dari media cetak/ elektronik.

Apabila dengan menggunakan sebuah bentuk artikel di atas masih belum paham, maka disini yoedha akan menjelaskan dengan berstruktur. Untuk lebih jelasnya silahakn melihat data di bawah ini.

RPP dan Silabus

Standar Kopentensi
1.1 Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara

Kompetensi Dasar
1.2 Merangkum isi pembicaraan dalam wawancara

Materi Pembelajaran
Wawancara melalui radio atau televisi
1. Isi pokok wawancara
2. Cara merangkum hasil wawancara

Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1. Bersahabat/ komunikatif
2. Kreatif

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1. Kepemimpinan
2. Keorisinilan

Kegiatan Pembelajaran
1. Mendengarkan wawancara melalui radio/ televisi *
2. Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat
3. Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain
4. Menanggapi (secara lisan) isi rangkuman wawancara

Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Mencatat pokok-pokok pembicaraan dalam wawancara : siapa yang mewawancarai dan siapa yang diwawancarai, serta apa isi pembicaraannya
2. Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat
3. Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain

Penilaian
a. Jenis Tagihan:
1. Tugas individu
2. Ulangan

Bentuk Instrumen
1. Uraian bebas
2. Pilihan ganda
3. Jawaban singkat

Alokasi Waktu
2 Jam

RPP dan Silabus


Itu tadi adalah sebuah contoh Silabus dan RPP yang semoga bisa bermanfaat untuk anda semua. Data diatas ada tiga silabus yang mungkin bisa anda manfaatkan untuk pembuatan silabus untuk mata pelajaran yang anda ampu. Iya sampai lupa untuk RPPnya silahkan melihat di halaman RPP dan Silabus yang ada di halaman samping.

Sekian dari Silabus dan RPP yang ada di blog yeodha com

Posting Komentar untuk "Silabus dan RPP SMA SMK Terbaru"