Harbolnas! Pakai Tips Ini Agar Menjadi Pembeli Bijak!

Di setiap bulan Desember, ada masa di mana pembeli Indonesia merasakan promo besaran-besaran yang dilakukan sejumlah e-commerce atau toko online, termasuk Blibi.com. Promo belanja terbesar yang mulai diadakan sejak tahun 2012 ini memang menjadi penarik perhatian para customer tanah air, tidak heran jumlah pembeli online kian hari semakin bertambah.

Di tahun 2018 ini pun, promo harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional juga akan tetap diselenggarakan pada akhir tahun. Sebagai salah satu e-commerce ternama di Indonesia, Blibi.com pun pastinya tidak akan melewatkan kesempatan emasnya. Mereka pun juga ikut menawarkan harga miring untuk setiap produk-produknya.

Tapi, karena banyaknya diskon yang diberikan, banyak orang tidak bersikap bijak saat membelinya, sehingga ada rasa menyesal setelah melakukannya, terutama kaum wanita yang mudah kalap ketika ada promo besar-besaran. Agar menjadi customer yang bijak, ada baiknya mengikuti tips-tips berikut ini.

1. Membeli untuk kebutuhan
Sesuai dengan namanya, harbolnas merupakan hari nasional di mana pembeli online bisa membeli barang-barang yang ditawarkan e-commerce dengan harga miring. Banyaknya promo yang diberikan tentu membuat kita tergiur dengan harganya. Tidak perlu diragukan lagi kebanyakan orang akan kalap membelinya, berapa pun barang yang diinginkan karena harganya yang jauh lebih murah dari harga normalnya.

Namun, ada baiknya kita tidak mudah tergoda dengan nilai rendah produk yang ditawarkan. Sebagai pembeli yang bijak, kita harus memprioritaskan barang mana yang dibutuhkan terlebih dahulu. Hindari membeli sesuatu yang hanya kita inginkan saja, karena terkadang sifatnya sekadar sementara saja. Nantinya Anda akan mudah bosan dengan barang tersebut dan tidak akan menggunakannya lagi.

2. Jangan terburu-buru membeli
Blibli.com tentunya memiliki ratusan vendor yang bisa Anda kunjungi untuk membeli produk dengan promo atau diskon yang besar saat harbolnas. Karena setiap tokonya menawarkan harga yang berbeda-beda, lebih baik Anda membandingkan nilai jual barangnya di beberapa tempat. Misalnya saja Anda sedang mencari bantal, pastinya setiap toko memiliki nilai jual yang berbeda.

Bukalah beberapa vendor untuk membandingkan harganya dan kualitas barangnya. Jika toko tersebut mempunyai nilai jual yang lebih murah, berkualitas lebih bagus, dan metode pengirimannya mudah, tidak ada salahnya menggunakan pelayanannya. Hasilnya, Anda mendapatkan banyak keuntungan dan tidak akan menyesal nantinya.

3. Jangan lupa memakai kupon potongan harga
Seperti yang sudah kita ketahui, harbolnas identik dengan promo besar-besaran yang membuat kita mendapatkan produk yang jauh lebih murah dari harga aslinya. Tapi, potongan harga tersebut tentu tidak akan kita dapatkan jika kita tidak menggunakan kode voucher atau kupon yang sudah disediakan oleh pihak toko online.

Jadi, saat masuk ke halaman check out, pastikan Anda sudah menyertakan voucher yang berlaku agar nilai jualnya menjadi lebih murah. Blibli,com biasanya memberikan potongan harga tambahan mulai dari 20%, 40%, sampai 90%. Jadi, sangat disayangkan, bukan kalau Anda tidak memakai kuponnya benar-benar?

4. Baca terlebih dahulu testimoni pembeli lainnya
Memiliki harga murah, tentu membuat vendor tertentu ramai dikunjungi calon pembeli. Tapi, apakah toko tersebut bisa dipercaya untuk dibeli barangnya? Mungkin pertanyaan ini sangat umum terlintas di pikiran pembeli online. Mereka ingin memastikan apakah toko pilihannya menjual produk yang benar-benar berkualitas atau hanya sekadar murah saja.

Untuk memastikannya, Anda bisa mengecek testimoni-testimoni dari pembeli lain. Pastinya mereka akan memberikan ulasan dan rating yang jujur. Di situlah Anda bisa menilai bagaimana kualitas produk yang mereka jual, pelayanan yang fast respon atau tidak, serta sistem pengirimannya cepat atau lambat.

5. Pikirkan biaya pengiriman
Kalau Anda sudah memilih produk dengan potongan harga yang besar tapi biaya pengirimannya mahal, lebih baik dipertimbangkan lagi. Percuma saja barangnya sudah murah, tapi pengirimannya yang mahal hanya akan menjadi tambahan beban harga belinya saja. Pastinya Anda tidak ingin membayar lebih mahal dari perkiraan, bukan?

Untuk menghindari hal itu, lebih baik pikirkan biaya pengirimannya. Pilih toko yang dekat dengan lokasi pengiriman atau rumah Anda, dengan begitu, biayanya akan menjadi lebih murah. Usahakan mencari vendor yang menawarkan metode pengiriman yang gratis. Jadi Anda lebih banyak mendapatkan keuntungan, bukan?

Tapi, jika memang Anda benar-benar membutuhkan barangnya cepat, tidak ada salahnya memakai metode ojek online. Meskipun ongkosnya sedikit lebih mahal, Anda akan mendapatkan produk pilihan di hari pemesanan Anda.

6. Siapkan metode pembayarannya
Selain berfokus pada pemilihan barangnya, jangan lupakan metode pembayaran yang ingin pakai. Blibli.com memang menyediakan beberapa macam cara membayar, mulai dari m-banking, merchant local, sampai kartu kredit. Tapi, tetap saja Anda harus memikirkannya, agar memudahkan Anda saat membayar nantinya.

Kalau memang ingin menggunakan kartu kredit, Anda bisa memilih toko yang menawarkan promo kredit agar potongan harganya semakin bertambah. Selain itu, Anda yang ingin memakai merchant local, lebih baik pastikan dulu apakah sistemnya sedang berjalan lancar atau mengalami gangguan. Anda tidak ingin pembayaran yang sudah dilakukan tiba-tiba batal, bukan?

Sebagai customer, usahakan menjadi pembeli yang bijak agar Anda tidak merasa menyesal setelah membeli produk harbolnas. Harga promo pastinya memberi keuntungan bagi Anda, tapi jika tidak bijak, hanya kerugian yang didapat. Jadi, berhati-hatilah saat berbelanja harbolnas di Blibi.com di akhir tahun nanti, ya.

0 comments:

Posting Komentar