Ingin Sukses Besar? Yuk Coba Usaha Bisnis Online

Saat ini banyak sekali sarjana muda yang mencari pekerjaan, baik melalui media cetak ataupun media online. Namun pada faktanya, lapangan pekerjaan yang tersedia tidak mencukupi untuk pelamar yang berjumlah ribuan. Oleh karena itulah, anak muda  dituntut untuk berpikir kreatif dalam mencari peluang usaha.

Di era digital ini, persebaran informasi sangatlah cepat bahkan dalam hitungan detik. Dari situlah, terlahir ide dari para anak muda tentang usaha bisnis online. Usaha ini terbilang sangat sederhana dan simpel. Apalagi saat ini setiap orang sudah memiliki smartphone sendiri dan masing-masing telah terkoneksi ke internet. Hal ini semakin mempermudah perkembangan usaha ini.

Apa Itu Bisnis Online?
Berbicara tentang bisnis online, pasti semua orang akan menjawab jika hal tersebut sangat mudah dan efisien. Hanya bermodalkan gadget, bisa smartphone ataupun komputer dan tentunya koneksi internet, maka Anda bisa menjangkau market sasaran dengan mudah.

Usaha ini adalah usaha untuk memutarkan uang agar pebisnis bisa melakukan transaksi dan mendapat profit dari internet. Seperti yang disebutkan sebelumnya, syarat utama dari usaha ini adalah koneksi internet yang stabil. Untuk modal (dalam hal ini adalah uang) adalah nomor dua.

Dalam memulai bisnis online, modal yang dikeluarkan di awal adalah modal untuk koneksi internet dan gadget sebagai sarana. Bisnis ini berbeda dengan bisnis offline pada umumnya yang harus melakukan stok terlebih dahulu untuk menjual barang. Bisnis lewat koneksi ini merupakan usaha dengan modal di akhir karena biasanya dengan sistem pre order. Jadi Anda bisa memesan terlebih dahulu kemudian membayar di belakang.

Peluang Ide Untuk Bisnis Online
Saat hendak memulai bisnis ini, Anda harus memikirkan usaha apa yang Anda lakukan. Pada dasarnya, bisnis online adalah Anda memasarkan produk lewat internet dan transaksi pun dilakukan lewat internet. Namun yang menjadi permasalahan utama adalah ide apa yang akan di promosikan kepada konsumen di dunia maya.

Berikut adalah beberapa ide kreatif untuk usaha online, antara lain sebagai berikut:

1. Menjual barang (produk)
Saat ini, menjual produk sudah menjadi hal yang sangat biasa. Dengan berubahnya gaya hidup masyarakat ke arah yang lebih instan, pengembangan teknologi pun berubah. Masyarakat yang semula harus ke mall atau toko untuk membeli barang, sekarang bisa membelinya lewat gadget pribadi. Selain menghemat waktu dan tenaga, biaya yang dikeluarkan juga semakin kecil.

Bisnis online untuk penjualan barang memiliki beberapa sistem yang bisa Anda gunakan. Pertama ialah dengan sistem dropship jika Anda merupakan pebisnis online pemula. Cara ini lebih aman, praktis, dan resiko yang dimiliki sangat kecil. Anda sebagai pebisnis atau pedagang tidak perlu untuk memiliki barang sendiri ataupun stok barang dalam jumlah tertentu.

Untuk sistem dropship ini sendiri modal bukanlah halangan utama untuk memulai usaha online, namun ketekunan dan tekad menjadi modal utama. Karena sistem ini memerlukan promosi yang intensive dan harus dilakukan setiap hari.

2. Pemanfaatan teknologi dan informasi
Dalam membuka bisnis online, usaha yang dilakukan tidak hanya berfokus dalam penjualan barang atau produk. Saat ini banyak sekali usaha online yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Usaha yang bisa Anda coba adalah menjadi seorang youtuber dan pengembang software.

Tak jarang dengan menjadi seorang youtuber, Anda bisa menjadi seorang yang kaya mendadak sekaligus tenar. Hanya dengan bermodalkan gadget dan koneksi internet tentunya, lalu Anda mengunggah sebuah video semenarik mungkin, Anda akan mendapat banyak viewer. Dari situlah, akun Anda akan digunakan orang untuk mengiklankan produknya. Jika ada seorang viewer yang meng-klik iklan tersebut, maka rupiah akan segera di kantongi.

Sementara untuk pengembang software juga semakin berkembang. Apalagi pengguna smartphone dan komputer selalu meningkat setiap tahunnya, maka tentu saja software development semakin meningkat. Kebutuhan untuk berbagai macam aplikasi akan bertambah setiap waktunya.

3. Jasa penulisan
Jika Anda memiliki bakat menulis jangan di sia-siakan. Anda bisa mencoba bisnis online di bidang ini. Caranya Anda bisa mendaftarkan diri sebagai penulis artikel lepas atau copywriter di sebuah jasa penulis atau bisa juga dengan usaha blogger. Tulisan yang diposting bisa berupa review sebuah produk atau website.

Untuk tulisan yang bagus biasanya akan dihargai dengan harga yang lebih mahal daripada penulis yang masih amatiran. Untuk beberapa agen kepenullisan, satu artikel Bahasa Indonesia akan dihargai sejumlah kata yang di buat. Misalnya Anda membuat 500 kata dalam satu artikel maka artikel akan dihargai sebesar 5000.

Lalu, Bagaimana Tips Untuk Memulai Bisnis Online?
Untuk memulai bisnis online, sebenarnya sangat mudah. Namun bagi Anda yang merupakan pemula dalam bisnis ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal ini sangat penting untuk kemajuan bisnis yang akan dirintis. Berikut tips-tips sederhana untuk memulai usaha online antara lain:

1. Mengenali bakat sendiri
Dalam memulai bisnis online, mengenali bakat sangatlah penting. Jika Anda pintar dalam berpromosi dan mempengaruhi orang, maka Anda cocok untuk menjadi marketer produk atau reseller. Jika Anda pintar dalam mendesain, maka Anda bisa membuka jasa dan kursus  desain grafis online.

2. Pelajari prospek usaha
Setelah Anda menemukan ide untuk bisnis, yang harus Anda lakukan melakukan analisis terhadap prospek bisnis tersebut. Bagaimana peluang pasar yang tersedia dan persaingan yang ada. Dengan begitu Anda bisa melakukan diferensiasi yang bisa menarik minat konsumen.

3. Perbanyak action
Langkah yang paling penting adalah action. Jika Anda sudah siap memulai usaha, buatlah sebuah blog, akun, ataupun website untuk memperkenalkan bisnis online anda tersebut. Untuk itulah diperlukan sebuah strategi promosi bisnis yang intensive. Di sinilah, tekad dan kemampuan Anda akan diuji.

Selamat mencoba!

0 comments:

Posting Komentar