Tips Menemukan Modal Usaha Paling Aman yang Bisa Dicoba

Tinggal di kota besar seperti Surabaya, memang menuntut anda untuk lebih cermat dalam mengatur keuangan ada. Termasuk mencari kesempatan untuk memiliki usaha sendiri. Memiliki usaha sendiri tentu menjadi keinginan bagi sebagian besar. Kendati demikian, banyak orang yang menemukan hambatan terutama dalam hal modal. Lantas bagaimana mendapatkan modal usaha Kota Surabaya?

Modal memang menjadi salah satu hal yang paling penting ketika anda akan mendirikan suatu bisnis. Dengan adanya modal yang mendukung maka kegiatan bisnis anda akan semakin lancar dan akan mengantarkan Anda pada kesuksesan. Ada banyak cara yang bisa anda pilih untuk mendapatkan modal usaha itu sendiri.

Tips Mencari Modal Usaha

Sebenarnya untuk mendapatkan modal usaha tidaklah sesuai beberapa tahun yang lalu. Walaupun demikian, jumlah modal yang anda butuhkan tersebut tergantung dengan jenis usaha apa yang akan anda geluti. Untuk dapat memperoleh modal tersebut, berikut ini beberapa pilihan cara untuk mendapatkan modal untuk mendirikan usaha.

1. Sisihkan Gaji Anda Untuk Ditabung
Cara paling mudah untuk mendapatkan modal untuk mendirikan suatu usaha adalah dengan menyisihkan gaji yang anda peroleh. Cara ini sangat cocok bagi Anda yang tidak terlalu suka untuk melakukan kredit di bank. Mengingat bunga yang dikenakan juga sedikit mahal apabila anda meminjam modal di bank.

Apabila anda memperoleh gaji perbulan 3 juta maka anda bisa menyelesaikan satu juta untuk keperluan bisnis. 1 tahun, anda sudah memperoleh 12 juta. Tentunya besaran modal tersebut tergantung dengan jenis usaha apa yang akan anda geluti

2. Menjual Aset Berharga
Selain memakai tabungan yang anda miliki, Anda juga bisa mencari peruntungan lainnya untuk mendapatkan modal seperti apabila anda memiliki aset berharga seperti motor, mobil, emas, barang elektronik dan lainnya yang memiliki nilai jual tinggi maka anda bisa menjualnya untuk mendapatkan modal tambahan.

Pastikan anda memiliki aset berharga yang memiliki nilai jual yang cukup baik di pasar. Apabila usaha yang Anda dirikan di berhasil maka anda bisa memperoleh modal yang lebih besar.

3. Manfaatkan Pegadaian
Apakah Anda terlalu sayang untuk menjual aset berharga yang anda miliki? Jika demikian Kenapa anda tidak mencoba untuk memanfaatkan Pegadaian saja. Menggadaikan aset berharga anda di pegadaian ternyata juga dapat memberikan keuntungan yang cukup besar untuk mendirikan modal usaha.

Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir karena aset berharga Anda tidak akan hilang dan tetap utuh. Tidak sulit lagi untuk menemukan tempat Pegadaian dan bahkan anda bisa menemukannya di internet. Perlu diingat, agar aset berharga yang anda miliki tidak hilang maka anda harus rajin membayar pinjaman setiap bulannya.

4. Melakukan kerjasama dengan teman
Apabila anda merasa keberatan untuk membuka usaha dengan menggunakan model mandiri, cobalah untuk membuka bisnis tersebut dengan mengajak teman ataupun saudara. Dengan melakukan kerjasama inilah maka anda bisa memperoleh modal. Disinilah modal tidak akan terasa berat karena disongkong bersama.

Tak hanya modal saja yang sama rata, keuntungan yang didapatkan juga harus dibagi sama rata. Hal ini pun untuk menghindari konflik yang tidak diinginkan. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk melakukan perjanjian tertulis terlebih dahulu mengenai pembagian hasil antara anda dan teman yang diajak kerjasama.

5. Meminjam dana dari saudara
Cara lainnya yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan mencoba meminjam dana dari orang-orang terdekat seperti sahabat ataupun keluarga. Meminjam dana dari saudara ini ternyata juga memberikan keuntungan di mana anda tidak perlu membayar bunga.

Ada baiknya untuk mencari pinjaman dari pihak keluarga ataupun sahabat yang memiliki dana yang memadai. Jangan sampai anda meminjam dana tetapi menyusahkan orang tersebut. Tetap meminjam secara bijak menjadi pilihan yang tepat.

6. Pinjam uang dengan jaminan
Apabila Anda ingin mendapatkan pinjaman dalam waktu yang cepat maka cobalah untuk mendapatkan modal dari bank. Bank sendiri merupakan tempat paling diminati oleh masyarakat untuk mendapatkan modal usaha. Ada banyak sekali program yang ditawarkan oleh bank seperti kredit multiguna.

Kredit multiguna ini sendiri Bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan modal usaha dengan memberikan jaminan seperti aset properti ataupun kendaraan bermotor yang anda miliki. Pada umumnya, bunga yang ditawarkan oleh bank sebesar 9 hingga 12%.

Selain itu, ada pula program yang ditawarkan oleh bank tanpa menggunakan jaminan seperti memanfaatkan fasilitas kredit tanpa agunan. Jenis pinjaman yang satu ini juga menjadi favorit bagi Banyak masyarakat untuk mendapatkan modal. Hal itu tidak lain karena mereka tidak perlu memberikan jaminan apapun. Walaupun demikian pula yang harus dikeluarkan pun cukup tinggi.

7. Waralaba
Waralaba sendiri merupakan usaha kerjasama antara pihak dari pemilik usaha dengan para pelaku usaha. Pada umumnya pembagian keuntungan dari sistem kerjasama ini adalah berdasarkan perjanjian yang telah disepakati sebelumnya dan pemilik usaha juga akan menyediakan fasilitas dan modal di mana akan dijalankan oleh para pelaku usaha.

Sistem kerja sama yang satu ini memberikan keuntungan banyak bagi anda karena tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Tetapi anda harus memastikan apabila memilih merk waralaba yang telah terkenal.

Modal usaha memang menjadi salah satu hal yang paling vital Ketika anda ingin mendirikan sebuah usaha. Modal usaha yang anda butuhkan tentu akan berbeda-beda. Hal ini pun mengingat karena jumlah modal tersebut akan tergantung dengan jenis usaha yang akan Anda bangun. Oleh sebab itu, sebelum mencari dana, ada baiknya untuk menentukan usaha terlebih dahulu.

Demikian beberapa langkah cerdas untuk mendapatkan modal usaha Kota Surabaya. Memiliki bisnis sendiri Memang dapat menjadi kebanggaan tersendiri. Yuk langsung kunjungi https://www.cekaja.com/small-business-banking

0 comments:

Posting Komentar