4 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Mencicil Rumah

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membeli rumah dijual, termasuk bagi mereka yang memiliki penghasilan pas-pasan, karena untuk membeli rumah sekarang bisa dilakukan dengan mencicil di perbankan dengan menggunakan skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Berdasarkan data Bank Indonesia, cara pembayaran KPR merupakan metode yang paling digemari oleh masyarakat di Indonesia untuk membeli rumah, karena KPR ini memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan skema pembayaran lainnya, seperti memiliki tenor yang panjang hingga bunga yang kompetitif.

Nah bagi Anda yang ingin mengajukan KPR, berikut ini adalah beberapa hal yang diketahui.

Suku Bunga Bank

Setiap bank akan memberikan suku bunga sesuai ketentuan yang sudah menjadi ketetapan bank. Walaupun ada bank-bank yang memberikan suku bunga yang sama dalam presentase namun hanya sedikit yang akan memberikan suku bunga rendah di bawah sepuluh persen. Perlu menentukan suku bunga dalam memilih bank ketika Anda bermaksud membeli rumah dengan cara cicilan. Sebab pengaruh kenaikan dan penurunan pasar ekonomi akan berpengaruh terhadap besarnya suku bunga cicilan rumah Anda. ada baiknya jika Anda bisa memperoleh besar suku bunga di bawah sepuluh persen.

Antara Bank Satu Dengan Bank yang Lain

Sebelum mencicil rumah, ada baiknya untuk membandingkan bank satu dengan yang lainnya, karena pada dasarnya setiap bank memiliki produk KPR yang berbeda-beda. Dan masing-masing bank tersebut juga kerap menawarkan beragam promo yang menarik yang sayang untuk dilewatkan, mulai dari gratis biaya administrasi,apraisal atau approval dalam waktu hanya satu hari.

Persiapan Biaya Cicilan Dengan Optimal

Perlu persiapan yang matang alias finansial Anda untuk biaya cicilan rumah. Hal tersebut merupakan langkah kunci cicilan lancar untuk ke depan. Tanpa Anda kebingungan ketika memasuki bulan pertama dan bulan berikutnya untuk membayar cicilan Anda. sebab jika biaya cicilan tidak Anda persiapkan dengan matang maka Anda akan kebingungan atau malah kerepotan dalam mencari biaya untuk membayar cicilan tersebut.

Dalam melakukan persiapan finansial bukan merupakan langkah yang main-main. Banyak persiapan yang perlu Anda lakukan. Anda berhubungan dengan sebuah bank, apalagi Anda dengan kata lain meminjam uang bank untuk membeli rumah. Sehingga perlu berhati-hati dan tertib dalam melakukan pembayaran cicilan sebagai kunci cicilan lancar Anda sampai waktu pelunasan tiba.

Lokasi Rumah

Lokasi rumah juga memiliki peranan yang cukup penting, karena banyak bank ternyata memiliki kriteria khusus lokasi perumahan yang bisa dijadikan agunan oleh debitur, hal ini sengaja dilakukan karena jika si debitur mengalami kegagalan melunasi kewajibannya, maka rumah tersebut akan mudah dijual kembali oleh pihak bank. Adapun beberapa kriteria khusus yang diinginkan oleh bank adalah rumah tidak boleh dekat dengan sutet, ROW jalan di depan rumah bisa dilewati dua mobil, rumah terbebas dari potensi banjir.

0 comments:

Posting Komentar