7 Tips Gadai Laptop yang Wajib Anda Perhatikan

Seiring dengan adanya perkembangan zaman, kebutuhan manusia memang semakin mengalami peningkatan. Tak hanya itu saja, walaupun seseorang sudah melakukan pengaturan pada keuangan tetapi tetap ada kebutuhan yang belum terpenuhi. Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan dana tambahan adalah dengan memanfaatkan gadai seperti gadai laptop.

Tips gadai laptop yang harus anda perhatikan

Jika anda membutuhkan dana yang cepat maka gadai elektronik seperti menggadaikan laptop memang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda. Seperti yang telah kita ketahui, saat ini hampir semua orang terutama karyawan tentu memiliki laptop untuk mendukung pekerjaan mereka. Dan apabila dalam keadaan yang terdesak, laptop bisa menjadi solusi tepat untuk mendapatkan uang. Tapi sebelum anda menggadaikan laptop, ada beberapa tips gadai laptop yang perlu anda ketahui.

1. Cek kelengkapan laptop

Hal utama yang harus anda perhatikan adalah dengan melihat bagaimana kelengkapan laptop yang anda miliki. Anda juga harus memastikan apabila laptop tersebut benar-benar laptop yang anda miliki. Jika dibutuhkan anda harus membawa bukti transaksi pembelian laptop tersebut. Dan pastikan laptop anda mempunyai kelengkapan. Apabila terdapat barang yang tak lengkap seperti charger laptop yang rusak maka sebaiknya anda mengatakan dengan jujur.

2. Pastikan data dalam laptop sudah di backup

Sebelum anda memutuskan untuk menggadaikan laptop anda maka ada hal penting lainnya yang harus anda perhatikan yakni dengan memastikan apabila file atau data yang terdapat pada laptop anda telah dibackup atau dicadangkan terlebih dahulu. Proses mencadangkan file tersebut bisa anda lakukan dengan menyimpannya ke dalam penyimpanan eksternal seperti flashdisk, Hardisk Eksternal atau jika perlu anda memanfaatkan penyimpanan online seperti google drive.

3. Melihat bagaimana kondisi laptop anda

Apabila anda sudah melakukan pencadangan file atau data anda, anda bisa melihat kembali bagaimana kondisi laptop anda. Anda harus memastikan apabila laptop masih dalam kondisi yang bagus dan tahun keluarannya sesuai dengan kebijakan pegadaian. Tak hanya itu, memperkirakan berapa biaya laptop tersebut apabila sudah digunakan juga menjadi hal yang penting.

4. Segeralah cari pegadaian yang terpercaya

Langkah berikutnya untuk bisa gadai laptop adalah dengan mencari pegadaian elektronik yang terpercaya. Untuk menemukan tempat gadai elektronik yang terpercaya maka anda bisa meminta saran dar teman ataupun keluarga anda yang sudah berpengalaman. Jika tidak, anda bisa mencarinya melalui internet. Biasanya sebuah jasa gadai yang terpercaya akan berada dihalaman utama sebuah mesin pencarian.

5. Pahami syarat dan ketentuan pegadaian

Baik itu pegadaian pemerintah ataupun swasta tentu memiliki persyaratan dan ketentuan yang berlaku untuk semua nasabahnya. Itulah mengapa, anda harus membaca dan memahami syarat ataupun ketentuan baik itu saat menggadaikan ataupun menebus kembali laptop anda tersebut. Jangan sampai anda buta terhadap peraturan yang berlaku.

6. Mempersiapkan dokumen

Segera persiapkan dokumen-dokumen pendukung jika anda sudah menemukan tempat gadai yang terpercaya dan professional. Biasanya dokumen yang harus anda bawa kurang lebih sama antar setiap pegadaian. Anda bisa mempersiapkan dokumen seperti KTP, BPKP, Surat kwitansi atas pembelian laptop dan dokumen lainnya sesuai dengan kebijakan perusahaan.

7. Memahami bagaimana system bunga

Saat ini terdapat dua jenis pegadaian yang ada di Indonesia yakni pegadaian konvensional dan syariah. Biasanya system bunga yang dibebankan kepada para nasabah pegadaian konvensional setidaknya akan berlaku selama kurang lebih 15 hari sedangkan dalam pegadaian syariah, menerapkan system bagi hasil selama 10 hari.

Demikian 7 tips gadai laptop yang wajib anda ketahui. Apabila anda mencari tempat gadai elektronik yang melayani pinjaman dengan agunan laptop paling terpercaya dan menawarkan kemudahan, anda bisa mengandalkan gadaijakarta.com.

0 comments:

Posting Komentar