Lebih Sehat dengan Konsumsi Susu Kambing Etagoat yang Kaya Manfaat

Susu adalah salah satu sumber protein yang punya banyak segudang manfaat. Selain susu sapi, masyarakat pada umumnya mengonsumsi susu kedelai atau susu almond, sedangkan untuk bayi jelas hanya boleh mengonsumsi ASI. Namun, sekarang masyarakat juga sebaiknya mengenal satu lagi jenis susu yang diberi nama susu kambing etagoat, atau susu etawa goat. Susu kambing dipercaya punya lebih banyak manfaat dibanding dengan susu sapi biasa, bahkan kandungannya digadang-gadang mendekati ASI.

Namun, seberapa besarkah manfaat susu kambing bagi kesehatan?

1. Baik untuk Pencernaan
Susu kambing memiliki kandungan asam lemak yang lebih tinggi daripada susu sapi. Jika susu sapi hanya memiliki 17% asam lemak, maka susu kambing memiliki 35%. Asam lemak ini sangat baik untuk menurunkan koleserol. Selain itu, di dalam susu kambing etagoat juga memiliki asam lemak antimirkoba, yang sangat baik untuk sistem pencernaan Anda. Inilah mengapa susu kambing dianggap lebih baik daripada susu sapi dan jenis susu lainnya.

2. Risiko Alergi Lebih Rendah Daripada Susu Sapi
Beberapa orang memiliki alergi pada susu sapi, alergi tersebut terkadang bisa berupa gatal-gatal hingga sesak napas. Oleh sebab itu banyak yang beralih ke susu kedelai sebagai solusi. Namun, kandungan susu kedelai dan susu sapi jelas berbeda, karena yang satu merupakan produk hewani dan yang satunya adalah nabati. Inilah mengapa bisa dialihkan ke produk susu lainnya, yaitu susu kambing etagoat. Hal ini karena susu kambing tidak begitu memiliki protein komplek seperti susu sapi, sehingga cocok untuk mereka yang takut alergi susu.

3. Kaya akan Kandungan Kalsium
Tidak kalah dari susu sapi, susu kambing etagoat juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Inilah mengapa ketika Anda tidak cocok dengan susu sapi, beralih ke susu kambing akan lebih disarankan. Sebab, seperti yang kita semua tahu, kalsium sangat baik untuk tulang dan mencegah osteoporosis dan masalah tulang lainnya.

4. Bermanfaat dan Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui
Ibu hamil dan menyusui memerlukan asupan protein dan zat gizi lainnya dalam jumlah yang besar. Hal tersebut karena selain untuk dirinya sendiri, mereka juga harus memberi makan bayi di dalam kandungan atau yang sedang disusui. Susu kambing etagoat memiliki banyak sekali kandungan gizi yang baik dan aman, sehingga cocok dikonsumsi oleh ibu hamil maupun menyusui.

5. Meredakan Penyakit-Penyakit Berbahaya
Beberapa penyakit berbahaya yang biasanya disembuhkan dengan konsumsi rutin susu kambing adalah TBC dan asma. Rupanya, hal ini karena susu kambing mengandung fluorin dan betakasein yang baik untuk penderita penyakit pernapasan. Beberapa penyakit lainnya yang cocok diobati dengan susu kambing adalah batuk berdahak, radang sendi, maag, liver, penyakit kulit, flek paru-paru, migrain dan lain sebagainya.

6. Bagus untuk Kulit
Tidak hanya dikonsumsi, susu kambing etagoat juga cocok untuk penggunaan luar seperti masker pada wajah maupun lulur mandi. Kandungan di dalam susu ini ternyata bisa menghaluskan kulit dengan cara mengecilkan pori-pori. Tentunya cara ini lebih aman dibandingkan jika Anda memakai produk kecantikan dengan bahan kimia.

Intinya, banyak sekali manfaat susu kambing bagi kesehatan. Mulai dari kandungan fluorin-nya yang menjadi antiseptik alami, sifatnya yang basa dan aman bagi tubuh, proteinnya tinggi tapi lembut dan lactase di dalamnya cukup ringan sehingga baik bagi pencernaan dan tidak mudah menimbulkan diare. Selain itu, kandungan vitamin B1-nya juga tinggi, sehingga dapat dikonsumsi segala usia. Mulai dari anak kecil, orang dewasa, orang tua, bahkan ibu hamil dan menyusui.

0 comments:

Posting Komentar