5 Buku Dongeng Menarik Dan Edukatif Untuk Anak

Kegiatan mendongeng untuk anak seiring dengan perkembangan teknologi telah ditinggalkan banyak orang tua. Padahal membacakan dongeng untuk anak sebelum dirinya tidur memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah kegiatan ini dapat mendekatkan hubungan antara orang tua dan juga buah hati. Anak akan merasa diperhatikan dan orang tua memiliki waktu khusus yang dicurahkan untuk dirinya. Dari segi koginitif, akan meningkatnya kemampuan anak untuk berimanjinasi dan juga kosa katanya. Untuk melatih daya ingatnya, orang tua bisa menanyakan tentang inti dari kisah yang telah dibacakan sebelumnya. Melalui buku dongeng anak yang bergambar juga maka anak telah diperkenalkan dengan konsep warna dan juga bentuk. Dan yang tidak kalah penting dari kegiatan mendongeng ini adalah bisa ditanamkannya pesan moral penting untuk dimilikinya nanti.

Jika bingung memilihkan buku dongeng yang tepat untuk dibacakan kepada anak, maka kami akan memberikan rekomendasi 5 buku dongeng yang menarik dan edukatif untuk dibacakan kepada si kecil. Berikut 5 buku dongeng menarik dan edukatif untuk anak diantaranya yaitu :

1. Cermin Ajaib 
Ini merupakan cerita dongeng anak sebelum tidur yang pendek dari Spanyol. Didalam buku dongeng ini ada sebuah pesan moral yang ingin disampaikan yaitu jika berbuat sebuah kesalahan adalah hal wajar dan termasuk fitrah manusia. Yang terpenting adalah terus memperbaiki diri sehingga kesalahan yang sama tidak akan terulang lagi. Selain itu ada pesan lain didalamnya yaitu jangan terlalu mengkhawatirkan hal yang belum terjadi.

2. Pulau Matahari 
Ini merupakan cerita dongeng anak sebelum tidur yang berasal dari Tiongkok. Buku dongeng ini ingin menyampaikan sebuah pesan yaitu untuk tidak serakah dan mengambil yang menjadi hak orang lain, terlebih lagi terhadap saudara sendiri. Pesan lainnya adalah kita harus selalu mensyukuri apapun yang telah diberikan Tuhan kepada kita. Karena dengan bersyukur maka akan dapat ditekannya rasa dengki dan keinginan untuk mendapatkan sesuatu yang tidak kita miliki.

3. Singa Dan Jakal Yang Cerdik 
Buku dongeng ini berasal dari Afrika Selatan yang ingin menyampaikan sebuah pesan yaitu jika kecerdikan terkadang dapat mengalahkan kekuatan. Pesan lainnya adalah selama kita mau berusaha mencarinya maka akan selalu ada jalan keluar dari masalah yang sedang dihadapi. Jika anak merasa kesulitan membayangkan Jakal itu seperti apa, maka bisa digantikan dengan hewan di Indonesia yang identik dengan kecerdikannya seperti kancil.

4. Si Kura Kura Yang Sombong
Pesan yang ingin disampaikan didalam buku dongeng ini adalah kesombongan yang akan mendatangkan petaka. Ini merupakan buku dongeng yang berasal dari Filipina yang bisa diceritakan kepada anak supaya dirinya tumbuh menjadi pribadi yang rendah hati. Memang baik jika memiliki sebuah cita cita. Tetapi jangan sampai jika cita cita itu telah tersampai, kita merendahkan orang lain yang memang tidak seberuntung kita.

5. Telur Emas 
Pesan yang ingin disampaikan didalam buku dongeng ini yaitu untuk menghindari sifat tamak dan selalu mensyukuri berkah yang telah diberikan kepada tuhan. Memang penting untuk berusaha tetapi jangan sampai menghalalkan segala cara untuk mendapatkan sesuatu yang tidak kita miliki. Dan bahkan kita mungkin juga akan kehilangan segalanya.

Supaya anak semakin tertarik untuk mendengarkannya bisa dengan menggunakan buku cerita yang dilengkapi dengan ilustrasi dan warna. Pada saat membacakannya cobalah nada suara dan ekspresi mengikuti kisahnya.

0 comments:

Posting Komentar