Manfaat dan Resep Bubur Kacang Ijo buat Buah Hati Kamu

Kacang hijau adalah jenis kacang-kacangan yang digemari siapa pun, entah anak-anak atau orang dewasa. Entah dalam bentuk bubur atau di minum, kacang hijau memang memberikan efek kesehatan yang luar biasa. Karena itu, bayi kamu juga harus diberikan asupan kacang hijau dengan resep bubur kacang ijo yang bisa dibuat di rumah sendiri.

Perlu kamu tahu, kacang ijo biasanya diberikan pada bayi yang sudah bisa mengkonsumsi makanan pendamping ASI. Karena gizinya yang melimpah, tidak heran kalau asupan gizi si kecil bisa semakin terpenuhi. Bayi yang masih dalam masa pertumbuhan, tentu kacang hijau menjadi salah satu jenis makanan yang menjadi sumber nutrisi yang menyehatkan buat tubuh anak kamu.

Manfaat Kacang Ijo

Ada berbagai manfaat yang diterima buah hati kamu kalau kamu memberikan asupan kacang ijo secara rutin.

1. Mendukung pertumbuhan

Karena ada kandungan vitamin A, B-6, C, E, serta K, bayi kamu akan mendapatkan nutrisi yang cukup. Vitamin A sangat baik buat kesehatan mata, vitamin C buat menjaga daya tahan tubuh si kecil, vitamin E sangat bagus menjaga kesehatan kulit buah hati kamu.

2. Sumber protein nabati

Kacang ijo mengandung protein nabati sebanyak 20 sampai 24%. Jadinya kebutuhan nutrisi bayi akan cepat terpenuhi sebanyak 20% hingga 24% dengan baik. Dengan mengkonsumsinya teratur, anak kamu bisa terhindar dari penyakit anemia.

3. Tulang dan gigi menjadi sehat

Tulang dan gigi si kecil juga menjadi lebih sehat dan tumbuh dengan sempurna karena ada sumber kalsium serta fosfor yang dibutuhkan buat pertumbuhan tulang dan gigi.

Resep Membuat Bubur Kacang Hijau

Dari manfaat-manfaat di atas, kamu sudah semakin paham kan sehatnya kacang hijau buat pertumbuhan si kecil? Karena itu, kalau buah hati kamu sudah memasuki umur yang bisa mengkonsumsi makanan pendamping ASI, tidak ada salahnya membuat resep bubur kacang ijo untuknya.

Bahan yang dibutuhkan:

  • Kacang hijau sebanyak 1 sendok makan
  • Sereal halus sebanyak 1 sendok makan
  • Ubi manis 75 gram
  • ASI sebanyak 2 sampai 5 sendok makan


Cara Membuatnya:
1. Cuci sampai bersih kacang hijau dan ubinya. Kalau sudah dicui bersih, jangan lupa kupas ubi manisnya dan potong-potong seperti bentuk dadu-dadu kecil. Usahakan potongannya kecil-kecil agar si kecil gampang memakannya.
2. Didihkan air sebanyak segelas air putih. Kalau sudah sampai terlihat mendidih, masukkan saja kacang ijo yang tadi dibersihkan, sereal, serta potongan ubi yang juga sudah kamu potong kecil-kecil.
3. Tunggu saja sampai benar-benar melunak. Kalau dirasa airnya sudah semakin , lebih baik kamu tambahkan lagi airnya sampai semua bahannya benar-benar lunak. Meski sudah lunak, kamu harus melumatkannya dengan baik sampai teksturnya seperti bubur yang kental.
4. Kalau menurut kamu sudah lunak dan matang, tambahkan ASI yang sudah disiapkan agar menyempurnakan kebutuhan nutrisi si kecil.

Ada beberapa tips simple saat kamu mau membuat resep bubur kacang ijo yaitu kamu bisa memasaknya dengan lebih gampang di rice cooker. Selain itu, kamu bisa memberikan rasa yang gurih dengan menambahkan unsalted butter saat di tengah-tengah proses pelunakannya.

Kalau kamu masih bingung juga kapan waktu yang pas buat diberikan bubur kacang ijo, kamu bisa memberikannya saat sarapan atau pun makan siang. Kenapa? Bubur ini termasuk makanan padat yang memberikan efek kenyang yang lebih tahan lama.

Gampang banget kan cara membuat resep bubur kacang ijo? Kamu bisa mencari tahu lebih banyak lagi di halaman website https://www.generasimaju.co.id/resep-bubur-kacang-hijau-ala-sgm.

0 comments:

Posting Komentar