3 Penyakit Menular Seksual yang Harus Anda Ketahui

Setiap manusia yang normal itu pastinya memiliki naluri untuk menyukai lawan jenis, baik itu kaum pria yang menyukai wanita, begitupun sebaliknya. Jadi saling suka menyukai antaa pria dan wanita adalah hal yang wajar, namun untuk menyalurkan rasa sukanya itu terkadang menyimpang dari norma-norma. Baik itu norma agama, norma sosial, maupun norma negara. Dimana sepasang muda-mudi yang saling menyukai ini melakukan hubungan intim walaupun belum terikat dengan tali pernikahan, yang akhirnya timbulah berbagai penyakit kelamin akibat dari sex bebas tersebut.Dan yang lebih mengerikannya lagi penyakit kelamin ini bisa menular kepada orang lain. Penularan ini bukan hanya dengan melakukan hubungan intim saja, namun bisa menular melalui transfusi darah dan berbagai jarum suntik. Selain itu, infeksi ini juga bisa ditularkan dari ibu hamil ke janin, baik selama kehamilan atau saat persalinan.

Perlu diketahui bahwa penyakit menular seksual ini juga tidak selalu menimbulkan gejala atau bisa hanya menyebabkan gejala ringan. Maka dari itu, tidak aneh ada beberapa orang yang mengetahui dirinya menderita penyakit menular seksual setelah muncul komplikasi atau saat pasangannya terdiagnosis menderita penyakit menular seksual.

Berikut beberapa penyakit menular seksual :

1. Herpes Genital

Herpes merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV), yang memasuki tubuh melalui luka kecil di kulit atau selaput lendir. Bagi orang terinfeksi virus ini, tentunya ciri-ciri ini tidak akan pernah menyadari dirinya telah terinfeksi. Dikarenakan, penyakit ini pada umumnya tidak menimbulkan tanda-tanda. Meskipun begitu, berikut ini ada beberapa tanda dan gejala umum yang bisa anda ketahui :
- Munculnya benjolan atau bisul, yang biasanya disertai dengan rasa sakit ketika buang air kecil.
- Terdapat benjolan meral kecil, kulit melepuh, dan luka terbakar pada genital, anal serta disekitarnya.
- Mengalami sakit atau gatal di sekitar area genital, bokong, atau paha bagian dalam.

2. Klamidia

Klamidia merupakan, penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri chlamydia trachomtis. Klamidia juga merupakan salah satu penyakit kelamin yang paling umum, sehingga cukup sulit bagi seseorang untuk mengetahui apakah mereka menderita klamidia atau tidak. Selain itu, penyakit ini juga kebanyakan tidak menimbulkan gejala apaun pada awalnya. Untuk itu, berikut ini beberapa gejala klamidia yang umu :
- Mengalami sakit ketika buang air kecil.
- Sakit pada bagian bawah perut.
- Pendarahan vagina di antara sau menstruasi dan selanjutnya.
- Mengalami nyeri pada testis.
- Keluar cairan tak normal dari vagina atau penis.

3. Gonore

Gonore juga merupakan salah satu penyakit kelamin yang umum, tetapi bakteri tersebut bisa berpindah menginfeksi mulut, tenggorokkan, mata, dan anus. Selain itu, penyakit ini juga biasanya muncul dengan gejala dalam 10 hari setelah terinfeksi. Berikut ini beberapa gejala dari penyakit Gonore :
- Mengalami nyeri buang air besar.
- Keluarnya cairan kental, keruh, atau berdarah dari penis atau vagina.
- Munculnya sensasi nyeri atau terbakar saat buang air kecil.
- Mengalami pendarahan haid yang sangat banyak atau pendarahan di antara jadwal menstruasi.
- Mengalami gatal pada anus.
- Dan mengalami nyeri dan benkak pada bagian penis.

Mungkin itu saja informasi kali ini tentang 3 jenis penyakit menular seksual, semoga ada guna dan manfaatnya bagi anda semua.

0 comments:

Posting Komentar