Apa Itu Sinusitis?

Sinusitis, rasanya sebagian besar dari kita sudah tidak asing dengan gangguan kesehatan yang satu ini. Sinusitis selalu diidentikkan dengan flu dan pilek. Lantas, sejatinya apa itu sinusitis, seperti apa gejala, penyebabnya dan bagaimana untuk mengatasinya? Apakah obat semprot hidung untuk sinusitis efektif untuk digunakan?

Sinusitis merupakan gangguan kesehatan berupa peradangan yang terjadi pada dinding sinus alias rongga kecil yang saling berkaitan dengan saluran udara pada tulang tengkorak manusia. Letak sinus berada di bagian belakang tulang dahi, kemudian di dalam struktur tulang pipi, di bagian belakang mata dan di batang hidung pada kedua sisinya. Sinus menghasilkan lendir yang bekerja untuk menyaring bakteri, kuman maupun partikel lain yang dihirup lewat udara. Tidak hanya itu saja, sinus pun bekerja untuk membantu dalam mengatur suhu serta kelembaban udara yang masuk ke dalam paru-paru kita.

Terdapat empat tipe sinusitis berdasarkan dengan waktu penyakit tersebut berjalan. Mulai dari yang paling rendah adalah sinusitis akut, dimana ini merupakan jenis yang paling umum terjadi yaitu terjadi selama 2 sampai dengan 4 pekan. Kemudian yang jenis kedua adalah sinusitis subakut yang jangka waktu terjadinya adalah 4 sampai dengan 12 minggu. Jika lebih dari 12 minggu tergolong pada tipe sinusitis kronis. Sedangkan yang paling parah adalah sinusitis kambuhan yang bisa terjadi sampai tiga kali dalam satu tahun.

Gejala yang umum terjadi pada orang yang mengalami sinusitis adalah wajah terasa nyeri, lendir di hidung alias ingus muncul dan warnanya kuning kehijauan, sampai menurunnya fungsi indera penciuman dan juga di sekitar mata terjadi pembengkakan. Bagi orang dewasa, penanganan sinusitis salah satunya bisa dengan pemberian obat semprot untuk sinusitis, namun dengan anjuran dokter.

Sedikit berbeda saat sinusitis terjadi pada anak-anak. Umumnya anak akan rewel, menunjukkan gejala berupa batuk dan juga pilek. Vometa sirup obat muntah anak bisa diberikan ketika si kecil mengalami masalah seperti mual.

Sinusitis sendiri terjadi karena infeksi kuman dan orang yang lebih beresiko kerap mengalami masalah kesehatan yang satu ini adalah mereka yang perokok, sampai degan yang sering berenang. Sinusitis tidak bisa dianggap sebagai masalah yang sepele, baik saat dialami oleh anak-anak maupun orang dewasa. Karena jika tidak segera diatasi malah bisa menimbulkan gangguan kesehatan yang lain seperti kemampuan indera penciuman yang hilang.

0 comments:

Posting Komentar