Traveling Low Budget ke Malang, Coba Naik KA Majapahit Aja

Pada awalnya KA Majapahit ini, adalah Kereta ekonomi. Namun seiring dengan perkembangan kebutuhan masyarakat yang ada, akan layanan KAI yang nyaman. Maka kini KA Majapahit, tidak hanya menyediakan kelas ekonomi saja, namun juga menyediakan kelas eksekutif. Atau dengan kata lain, dalam 1 rangkaian gerbong, Anda akan menemukan beberapa gerbong kereta kelas ekonomi, dan beberapa gerbong kereta eksekutif. Seperti diketahui bersama, KA Majapahit ini adalah, kereta api yang melayani rute Jakarta – Malang. Berbeda dengan kereta kelas eksekutif lainnya yang berangkat dari stasiun Gambir. Kereta Majapahit ini, berangkat dari stasiun Pasar Senen.

KA ekonomi

Dibandingkan beberapa tahun yang lalu, layanan kereta ekonomi yang ada, bisa dibilang kurang nyaman, dengan kursi yang tegak, dan keras, serta udara yang panas. Namun kini, layanan tersebut sudah mulai diperbaiki. Coba naik KA Majapahit kelas ekonomi yang ada saat ini, Anda akan merasakan hal yang berbeda. Mulai dari gerbong yang sudah mulai berubah, lalu ada fasilitas dan beberapa hal lainnya.
● Gerbong yang kini digunakan, menggunakan stainless stainless steel, yang membuat penampilan gerbong terlihat cantik dan elegan.
● Kursi yang menggunakan susunan 2 – 2, dengan total kursi dalam 1 gerbong, sekitar 64 hingga 80 tempat duduk.
● Kursi yang digunakan, sudah menggunakan busa yang cukup empuk, dengan pelapis berbahan dasar semi kulit. Walaupun demikian, kursi yang digunakan kali ini, tidak dapat dipindahkan atau diatur kemiringannya.
● Ada juga fasilitas stop kontak, tepatnya 2 buah stop kontak yang terdapat di dinding gerbong.
● Meja makan berukuran kecil, yang disimpan di samping luar sandaran lengan.
● Ruang penyimpanan bagasi yang nyaman, dan mampu menampung barang bawaan Anda.
● Tersedianya 2 buah toilet yang ada di dalam 1 gerbong. Toilet yang ditawarkan ini beragam, ada toilet duduk, dan ada toilet jongkok. Keduanya sama-sama bersih, dan sudah mengadopsi sistem septic tank. Sehingga suara di dalam toilet tidak terlalu bising.

KA eksekutif 

Adapun layanan baru yang ditawarkan oleh KA Majapahit kali ini adalah KA eksekutif. Yang terdiri atas beberapa buah gerbong saja. coba naik KA Majapahit kelas eksekutif ini, tentunya Anda akan merasakan perbedaan fasilitas yang ada, dengan kelas ekonominya. Walaupun fasilitas umumnya sama, namun tentu ada beberapa fasilitas tambahan. Adapun beberapa fasilitas tambahan yang dimaksud, antara lain :
● Jarak antar kursi 1 dengan yang lain, terbilang cukup luas, sehingga membuat Anda nyaman ketika merebahkan kaki, agar tidak terasa pegal.
● Adanya layanan selimut yang langsung dibagikan di atas tempat duduk. Sehingga Anda tidak perlu menyewa kembali bantal dan selimut seperti di kelas ekonomi.
● Terdapat 3 buah TV yang dipasang di sepanjang gerbong, TV tersebut diletakkan di bagian depan, tengah dan belakang. Untuk mendengarkan siaran TV yang ada, maka Anda dapat menggunakan earphone, yang colokannya ada di sekitar tempat duduk.

Fasilitas umum 

Untuk fasilitas umum, seperti restorka juga tersedia. Di dalamnya terdapat dapur kering, yang menyediakan aneka macam menu makanan dan minuman yang dapat Anda beli. Untuk makanan yang ditawarkan, adalah makanan siap saji, yang disimpan di dalam freezer. Makanan akan dimasukkan ke dalam microwave, ketika pesanan datang. Hal ini dilakukan untuk menjaga higienitas dari makanan itu sendiri. Tidak hanya dapur. Anda juga akan menemukan beberapa meja makan dan tempat duduk yang nyaman, yang dapat digunakan untuk aktivitas makan dan minum di area restorka tersebut.

Ada juga layanan mushola yang dapat digunakan sebagai sarana beribadah. Ukurannya memang tidak terlalu besar, hanya untuk 1 orang saja. Namun fasilitas seperti mukena dan yang lainnya sudah tersedia di tempat tersebut.

Harga tiket 

Untuk masalah harga tiket kereta KA Majapahit ini, Anda tidak perlu khawatir. Dibandingkan KA eksekutif lainnya, harga yang ditawarkan oleh kereta api ini terbilang cukup murah, walaupun dalam hal ini Anda menggunakan kelas eksekutif. Sedikit catatan bagi Anda yang ingin traveling menggunakan KA tersebut, sebaiknya perhatikan tanggal keberangkatan, posisi tempat duduk, dan kelas kereta yang akan digunakan. Pastikan sesuai dengan budget yang Anda miliki.

0 comments:

Posting Komentar