Pastikan Selalu Sedia 6 Obat Ini Di Rumah Saat Musim Pancaroba

Musim pancaroba adalah musim dimana terjadi perubahan cuaca ekstrim dari panas menjadi hujan deras tiba-tiba, atau sebaliknya. Biasanya tanda dari datangnya musim pancaroba adalah timbulnya angina kencang, debu yang luar biasa banyaknya serta hujan yang tidak menentu.

Pada musim ini, tubuh lebih bekerja keras untuk menyesuaikan diri sehingga pada saat tertentu justru tubuh tidak mampu melawan pergantian musim yang tiba-tiba sehingga menjadi drop karenanya. Namun pancaroba tentu tetap tidak bisa dicegah, sehingga kita terlu wanti-wanti menyediakan stok obat sebelum pancaroba tiba.

Adapun beberapa jenis obat yang perlu dipersiapkan sebelum pancaroba adalah seperti:

1. Obat Diare
Pancaroba juga identik dengan penyakit diare yang menyebabkan buang air besar cair dengan frekuensi lebih dari 5 kali sehari. Penyakit ini timbul akibat virus bakteri terbawa oleh angin kemudian menempel di makanan Anda lalu mengganggu pencernaan.

Diare juga seringkali disebabkan kualitas air yang kurang bersih, lalu digunakan untuk minum atau memasak, sehingga bakteri ikut masuk ke sistem pencernaan. Memasang filter air reverse osmosis untuk menyaring air sehingga lebih bersih dapat mengurangi resiko diare. Bentuk penyaring air ini ada yang seperti membran, contohnya bisa dilihat di sini: https://watercare.co.id/point-of-usage-pou/ro-membrane.html

Itulah sebabnya diare lebih sering terjadi di musim pancaroba. Jadi, jangan lupa siapkan obat diare juga ya serta selalu rajin mencuci tangan.

2. Obat Batuk
Angin kencang yang menimbulkan asap dan udara kotor umumnya mengakibatkan saluran pernafasan terganggu sehingga menimbulkan batuk. Oleh karena itu, jenis obat pertama yang perlu disiapkan sebelum musim pancaroba adalah obat batuk.

Anda bisa menyiapkan merk obat batuk apapun yang memang cocok untuk Anda dan keluarga Anda. Jangan lupa, siapkan pula obat batuk untuk si kecil ya.

3. Obat Flu
Gangguan pernafasan lainnya yang umum terjadi saat pancaroba adalah flu atau influenza. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi pada paru-paru ini dapat menular dan menyebabkan batuk sehingga perlu diatasi secepat mungkin.

Jadi, selain menyiapkan obat batuk, siapkan pula obat flu ya.

Agar lebih gampang sembuh, jangan lupa sering mengkonsumsi sup hangat yang dapat mengurangi bengkaknya saluran pernafasan akibat flu.

4. Obat Demam
Demam yang umum terjadi pada musim pancaroba adalah demam berdarah yang diakibatkan oleh virus dangue. Penyakit yang bermula dari gigitan nyamuk aedes aegypti ini sangat mematikan sehingga perlu ditangani secepat mungkin.

Oleh sebab itu, selalu jaga kondisi tubuh Anda dan keluarga Anda dengan selalu menyiapkan obat demam khususnya di musim pancaroba. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan ya.

5. Obat Sakit Mata
Penyakit di musim pancaroba lainnya yang juga diakibatkan oleh angin atau udara adalah sakit mata, dimana mata berkontak langsung dengan udara yang kotor. Bakteri tersebut kemudian membuat mata merah, gatal, berair dan menimbulkan banyak kotoran mata.

Hal ini pastinya mengganggu penglihatan Anda. Jadi, siapkan pula obat sakit mata ya.

6. Obat Alergi dan Asma
Biasanya, seseorang yang memiliki riwayat asma lebih sensitif terhadap angin atau udara kotor. Oleh sebab itu, bagi Anda yang memiliki asma, jangan lupa siapkan obat alergi dan asma menjelang pancaroba dan ingatlah agar rajin menggunakan masker jika keluar rumah.

Demikian 6 jenis obat yang wajib disiapkan menjelang pancaroba agar saat penyakit tersebut timbul dapat ditangani sedini mungkin. Jika Anda mempunyai kondisi kesehatan tertentu, atau sedang mengkonsumsi obat-obatan lainnya seperti pil KB, obat darah tinggi, obat pencegah kehamilan, obat diabetes, atau vitamin herbal tertentu, sebaiknya konsultasikan dahulu ke dokter sebelum mengkonsumsi obat-obatan tersebut.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa selalu jaga kesehatan Anda dan keluarga ya.

0 comments:

Posting Komentar