4 Hal Ini Wajib Disediakan Kapanpun dan Dimanapun Oleh Penderita Jantung

Sebagai bagian terpenting dalam tubuh, kesehatan jantung jelas wajib dijaga dengan baik. Apalagi jika kondisi jantung melemah sehingga menyebabkan Anda memiliki kelainan dari jantung Anda.

Jika hal ini terjadi tentu saja Anda wajib lebih menjaga jantung Anda karena kondisi jantung yang tidak stabil lebih rentan mengalami kambuh yang dapat semakin melemahkan jantung hingga menyebabkan kematian.

Oleh sebab itu, kapanpun dan dimanapun penderita jantung berada, usahakan agar 4 hal ini selalu tersedia:

1. Alat Kejut Jantung

Alat kejut jantung menjadi hal lain yang perlu disediakan oleh penderita jantung. Saat ini, tersedia alat kejut jantung yang bisa digunakan di rumah sehingga jika penyakit jantung kambuh, penderita jantung akan langsung mendapatkan penanganan dengan cepat.

Alat tersebut disebut dengan defiblilator yang dapat digunakan dengan cara di implan atau ditanam. Alat ini memiliki fungsi yang sama dengan alat kejut di rumah sakit, tetapi tentunya lebih fleksibel dibawa kemana saja.

2. Obat yang Diresepkan

Hal pertama yang tidak boleh dilupakan oleh penderita jantung adalah selalu membawa obat yang diresepkan dari dokter, kapanpun dan dimanapun. Hal ini termasuk jika Anda berniat bepergian meskipun dengan niat bepergian yang tidak lama karena penyakit jantung bisa kambuh kapanpun.

Obat penyakit jantung biasanya berfungsi menstabilkan detak jantung dan aliran darah. Hal ini dikarenakan saat penyakit jantung kambuh, maka detak jantung akan jauh dari kata stabil, hingga fungsi utamanya sebagai pemompa darah juga tidak dapat bekerja dengan baik.

Jadi, ingat, obat harus selalu dibawa ya.

3. Pastikan HP Selalu di Tangan

Memastikan nomor darurat selalu tersedia itu artinya HP juga harus selalu ditangan. Jadi, kemanapun Anda pergi bahkan ke toilet umum, pastikan HP selalu standby. Pastikan tampilan lockscreen smartphone Anda tercantum informasi nomor telepon darurat yang bisa dihubungi.

4. Pastikan Selalu Save Nomor Darurat yang Bisa Dihubungi

Selanjutnya, penderita jantung juga wajib selalu on dengan nomor-nomor darurat yang bisa dihubungi jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Jangan lupa selalu sedia nomor ambulance, nomor rumah sakit, nomor saudara yang bisa dihubungi dan selalu responsif, atau bila perlu nomor suster dan dokter pasien.

Apalagi jika Anda sering berpergian dengan mobil, misalnya mengendari mobil, misal mengendari mobil Mitsubishi Pajero Sport baru kesayangan Anda untuk touring ke luar kota, maka nomor-nomor darurat tersebut sebaiknya ditempelkan di area yang mudah terlihat untuk berjaga-jaga.

Demikian 4 hal yang harus selalu disediakan oleh penderita jantung. Pastikan ke 4 point tersebut tidak terlewat dan benar-benar dicek ketersediaannya khususnya jika hendak bepergian. Semoga bermanfaat dan sehat selalu.

0 comments:

Posting Komentar