Catat! Inilah Bahaya Serta Obat Gusi Berdarah yang Ampuh

Apakah Anda kerap mengalami masalah gusi berdarah? Karena tak sedikit yang kerap mengalami hal ini, banyak orang yang menganggap gusi berdarah merupakan masalah sepele. Lantas apakah Anda telah menemukan obat gusi berdarah yang ampuh?

Beberapa hal seperti kebersihan gigi yang kurang terjaga, hingga menyikat gigi yang salah mungkin saja menjadi salah satu penyebab gusi berdarah. Namun faktanya gusi berdarah dapat menjadi hal berbahaya karena dapat menjadi suatu indikasi penyakit. Apa saja indikasi penyakit dari gusi berdarah?

Indikasi Penyakit Diabetes
Indikasi pertama adalah penyakit diabetes. Diabetes dapat menjadi penyebab penyakit pada gusi, karena diabetes dapat melemahkan kemampuan mikroba untuk melawan bakteri di dalam mulut. Dampaknya, bakteri di dalam mulut dapat membentuk plak gigi dengan mudah. Tak hanya itu, kadar gula darah tinggi pada penderita diabetes juga dapat memperburuk penyakit gusi.

Indikasi Penyakit Gingvitis
Gingvitis merupakan peradangan yang terjadi pada gusi. Gingvitis dapat membuat gusi menjadi lebih sensitif, sehingga gusi rentan mengalami pendarahan. Umumnya peradangan ini bermula dari plak yang menempel terlalu lama pada garis gusi.

Indikasi Penyakit Periodontitis
Jika gingvitis dibiarkan begitu saja terlalu lama, maka akan semakin bertambah parah dan berkembang menjadi periodontitis. Sehingga dapat dikatakan penyakit ini merupakan tahap lanjutan dari gingvitis.

Indikasi Penyakit Leukimia
Selain penyakit diatas, gusi berdarah juga dapat menjadi indikasi leukimia, karena salah satu gejala dari penyakit kanker darah ini adalah gusi berdarah. Sumsum tulang belakang memproduksi sel-sel darah yang abnormal, selanjutnya dapat menggantikan sel-sel darah normal. Sehingga tubuh menjadi kesulitan untuk mengontrol pendarahan dan melawan infeksi.

Namun selain karena indikasi suatu penyakit, gusi berdarah juga dapat disebabkan karena kekurangan vitamin, terlalu banyak mengonsumsi makanan manis, menggosok gigi terlalu keras, hingga kurang menjaga kebersihan area mulut. Jika sudah terjadi, Anda tentu perlu mengobati gusi berdarah tersebut. Inilah obat gusi berdarah yang bisa Anda coba.

Lemon dan Air Hangat
Anda dapat menggunakan lemon serta air hangat untuk meredakan gejala gusi berdarah. Pasalnya tak sedikit kasus gusi berdarah yang disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin C, sehingga lemon dapat menjadi asupan vitamin C yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, lemon juga dapat berperan sebagai pembasmi bakteri dan kuman yang ada pada mulut.

Air Garam
Selain lemon serta air hangat, Anda juga dapat mencoba mengatasi gusi berdarah dengan larutan air garam. Caranya pun mudah, Anda hanya perlu berkumur dengan air garam yang telah Anda siapkan. Garam memiliki sifat anti-inflamasi serta antiseptik yang mampu meredakan infeksi dan pembengkakan yang menjadi penyebab gusi berdarah.

Kunyit dan Minyak Kelapa
Obat gusi berdarah yang terakhir adalah kunyit dan minyak kelapa. Kedua bahan ini dianggap ampuh untuk mengobati gusi berdarah serta gusi bengkak, karena kunyit mengandung kurkumin yang dapat meredakan pembengkakan serta mempercepat penyembuhan gusi.

Caranya adalah dengan membuat krim dari campuran kunyit bubuk serta minyak kelapa. Anda dapat mengoleskan krim pada bagian gusi berdarah, diamkan kurang lebih 15 menit lalu kumur dengan air hangat.

Kapan Harus Mengunjungi Dokter Gigi?

Tak boleh dihiraukan, Anda perlu untuk mengunjungi dokter gigi jika terjadi gejala-gejala seperti

  • Pendarahan tidak berhenti dan semakin memburuk
  • Rasa sakit yang intens pada gusi
  • Demam tinggi
  • Sulit untuk berbicara, membuka mulut, mengunyah, menggigit
  • Bau mulut presisten dan tak kunjung hilang
  • Rasa aneh atau tidak enak di dalam mulut 


Demikianlah bahaya serta obat gusi berdarah yang bisa Anda coba. Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, Anda dapat mengunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

0 comments:

Posting Komentar