Mencuci Baju Dengan Tingkat Kesadahan Air Buruk? Atasi Dengan Ini!

Pernah mendengar istilah air sadah? Air sadah merupakan air yang mengandung kadar mineral tinggi, seperti magnesium dalam bentuk garam karbonat dan ion kalsium. Mineral tersebut larut di dalam air dan terbawa ketika mengalir dari pegunungan. Memiliki rumah dengan kesadahan air tinggi memang bukanlah suatu hal yang berbahaya, namun dapat mempersulit kegiatan sehari-hari.

Dalam kasus air sadah, sabun tidak dapat menghasilkan busa melimpah atau bahkan sangat sedikit. Anda juga akan mendapati residu berwarna putih pada permukaan yang basah terus menerus. Tak hanya itu, ketika Anda mencuci baju akan muncul masalah lain contohnya meninggalkan noda pada pakaian, pakaian menjadi kaku bahkan rusak.

Air sadah rupanya juga dapat menyebabkan pemborosan penggunaan sabun. Karena selain air sadah tidak dapat menghasilkan busa melimpah, rumah tangga yang memiliki tingkat kesadahan air buruk dapat bermasalah dengan gumpalan sampah sabun atau soap scum yang sangat sulit dihilangkan. Lantas apa solusi tepatnya?

Menggunakan Deterjen Berkualitas Baik

Tak perlu bersedih jika air di rumah Anda merupakan air sadah, karena hal tersebut bukanlah akhir dari segalanya. Solusi tepat untuk mencuci baju dengan air sadah adalah dengan menggunakan deterjen berkualitas baik yang bekerja maksimal bahkan dalam kondisi kesadahan air yang sangat buruk.

Rinso Matic adalah sabun cuci terbaik yang dapat Anda gunakan untuk mencuci baju bahkan dengan tingkat kesadahan air yang buruk (24FH). Dengan formulasi khusus dan kandungan enzim yang lebih tinggi, Rinso Matic 3x lebih efektif mengangkat noda membandel. Tingkat deterjensi Rinso Matic yang tinggi terbukti mampu mempertahankan tekstur asli dari kain.

Rinso Matic format konsentrat cair diformulasikan khusus dapat meresap baik bahkan hingga ke serat kain terdalam untuk menghilangkan noda membandel. Selain itu Rinso Matic tidak akan meninggalkan sisa deterjen, sehingga mesin cuci Anda pun menjadi lebih awet.

Produk Rinso Matic yang beragam dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, mulai dari Rinso Matic deterjen bubuk bukaan depan, Rinso Matic deterjen bubuk bukaan atas, Rinso Matic deterjen cair bukaan depan, dan Rinso Matic deterjen cair bukaan atas.

Mencuci Dengan Air Panas

Air panas rupanya dapat membantu menetralkan air sadah serta membantu mencegah penyumbatan saluran air yang disebabkan karena endapan kapur. Namun sebelum mencuci dengan air bersuhu lebih dari 30 derajat celcius, Anda harus memeriksa petunjuk perawatan label pakaian Anda karena tidak semua pakaian dapat dicuci dengan air bersuhu tinggi.

Jangan Salah Pilih Deterjen Bukaan Depan dan Bukaan Atas!

Meskipun terlihat sepele, namun Anda dianjurkan untuk memilih deterjen sesuai dengan jenis mesin cuci yang Anda miliki. Karena cara kerja serta jumlah air yang digunakan oleh kedua jenis mesin cuci tersebut berbeda, formulasi deterjen yang digunakan tentu berbeda pula.

Mesin cuci bukaan depan umumnya merupakan mesin cuci high efficiency atau HE, dimana mesin cuci menggunakan air 20 hingga 60 persen lebih sedikit jika dibandingkan dengan mesin cuci bukaan atas. Mesinnya juga memiliki gaya putaran yang berbeda, itulah mengapa mesin cuci bukaan depan memerlukan deterjen dengan formulasi yang berbeda dari mesin cuci bukaan atas.

Jika Anda menggunakan deterjen biasa yang menghasilkan busa melimpah untuk mesin cuci bukaan atas, justru dapat mengakibatkan proses putaran mesin menjadi tidak maksimal. Akibatnya, busa yang menghalangi aliran air lama kelamaan juga akan berdampak pada usia mesin cuci Anda.

Itulah tips mencuci baju dengan tingkat kesadahan air buruk. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Posting Komentar