Hati-Hati dengan Adanya Penipuan Lelang Mobil

Siapapun pasti mau jika bisa mendapatkan mobil dengan harga yang relatif lebih murah. Untuk itu, tidak sedikit yang mencoba untuk mengikuti lelang mobil. Jika beruntung, seseorang bisa mendapatkan mobil kualitas tinggi dengan harga jauh daripada membeli di dealer atau showroom. Salah satu tempat lelang yang bisa dicoba adalah balai lelang IBID.


Sebenarnya lelang sudah tidak asing lagi di masyarakat Indonesia. Bahkan lelang sudah dijadikan sarana baru dalam usaha jual beli mobil. Sayangnya, masih cukup banyak orang yang masih awam terhadap dunia perlelangan sehingga sering dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan melakukan pelelangan mobil palsu. Untuk menghindarinya, coba perhatikan hal-hal di bawah ini.


Tips Terhindar dari Pelelangan Palsu


1. Tidak tergiur dengan harga murah

Pertama, jangan pernah terlalu tergiur dengan harga yang murah. Pelelangan memang bertujuan untuk bisa mendapatkan mobil dengan harga murah. Oleh karena itu, orang yang tidak terlalu teliti bisa terjebak dengan hal ini. Padahal, harga mobil lelang tidak selalu murah, melainkan mengikuti kondisi pasar yang sedang ada. Jadi, selalu perhatikan harga pasar yang sedang berlaku.


Pada dasarnya, ketika permintaan meningkat, harga suatu barang memang akan naik. Jadi, jika terdapat barang yang dilelang dengan harga yang sangat jauh dari harga pasar, maka pelelangan itu harus Anda waspadai. Untuk menghindari terkena penipuan, sebelum mengikuti pelelangan, cobalah untuk mengecek harga pasar terlebih dahulu. Jika dirasa harga tersebut masih wajar, lelang tersebut bisa dikatakan cukup terpercaya.


2. Memahami prosedur pelelangan

Selanjutnya, sangat penting juga untuk selalu memahami dengan baik bagaimana prosedur pelelangan dilakukan. Informasi ini bisa Anda cari tahu di internet atau bertanya pada teman Anda yang memiliki pengalaman di hal serupa. Biasanya perusahaan lelang yang terpercaya juga akan menjabarkan prosedur pelelangan dengan transparan di website resmi mereka.


3. Mengenali akun sumber lelang

Jika Anda berminat untuk mengikuti pelelangan, akan jauh lebih baik jika Anda mengenali terlebih dahulu sumber lelang, baik itu atas nama instansi atau perorangan. Pastikan sumber lelang atau balai lelang tersebut terpercaya dan memiliki track record yang baik. Salah satu balai lelang yang direkomendasikan adalah IBID. Di website IBID, Anda bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai profil balai, jadwal lelang, syarat lelang, dan lain-lain.


4. Meneliti mobil yang dilelang

Tidak hanya teliti dalam informasi balai pelelangan, Anda juga harus teliti pada barang yang sedang dilelang. Meskipun mobil yang sedang dilelang adalah tanggung jawab dari penjual, akan lebih baik jika Anda juga aktif dalam mengamati bagaimana kondisi mobil yang sedang dilelang. Lagipula setiap calon pembeli memiliki hak untuk melihat barang yang dilelang pada waktu yang sudah ditentukan.


Ketika melihat langsung kondisi mobil yang dilelang, pastikan Anda memiliki pengetahuan yang cukup untuk bisa menilai bagaimana kualitas dan kondisi mobil tersebut. Anda juga bisa mengajak teman atau kerabat yang mahir di bidang otomotif. Jangan lupa juga untuk memperhatikan bagaimana legalitas dari mobil tersebut untuk mencegah terjadinya konflik ketika penjualan sudah terjadi.


Itulah beberapa hal yang wajib Anda perhatikan ketika mengikuti pelelangan mobil. Yang jelas, pastikan Anda mengikuti pelelangan di balai lelang yang sudah terpercaya, salah satunya adalah balai lelang IBID. IBID merupakan balai lelang yang sudah terpercaya karena merupakan bagian dari PT. Serasi Autoraya yang notabene adalah member dari Astra Group.

0 comments:

Posting Komentar