Budaya Work From Home, Saatnya Gunakan Aplikasi HR

Sejak pandemi di awal tahun 2020, work from home menjadi budaya dan menjadi tuntutan bagi perusahaan. Hal tersebut disebabkan karena pandemi COVID-19 di mana banyak negara termasuk Indonesia memberlakukan wfh untuk mencegah penularan terutama di area perkantoran.


Work from home atau remote working bukanlah hal baru. remote working sudah menjadi bagian budaya kerja ditandai dengan proses bisnis yang semakin cepat.


Hal tersebut membuat pulang-pergi ke kantor bisa dianggap memakan waktu dan menyusahkan karyawan itu sendiri. Munculnya banyak kantor virtual atau virtual office juga menjadi budaya remote working.



Namun belakangan, akibat pandemi banyak perusahaan yang mau-tidak-mau menerapkan work from home. Tapi satu pertanyaannya; apakah perusahaan yang memberlakukan work from home sudah memiliki sistem memadai untuk mendukung pola kerja tersebut?


Aplikasi HR: Alat Pendukung WFH

Aplikasi HR merupakan bentuk perkembangan teknologi informasi di dunia HRIS atau human resources information system. Aplikasi HR juga biasa disebut dengan employee self-service karena memungkinkan karyawan untuk melakukan aktivitas kekaryawanan-nya secara mandiri.


Aplikasi HR mempermudah sistem informasi tata kelola SDM di mana seluruh kegiatan pengelolaannya berbasis data dan jaringan internet sehingga memungkinkan karyawan mengakses data dengan mudah di mana dan kapan pun. Hal tersebut membuat aplikasi HR mampu membantu perusahaan untuk mengimplementasikan work from home. 


Bagaimana sebuah aplikasi HR mampu membantu perusahaan beradaptasi dengan perkembangan bisnis yang semakin cepat dan membuat perusahaan bisa memberlakukan work from home?


Absensi Online

Dengan absensi online, perusahaan mampu memantau absensi karyawan secara real-time. Terlebih saat ini banyak penyedia aplikasi absensi yang dilengkapi dengan fitur GPS di mana perusahaan bisa memantau lokasi karyawan.


Bagi karyawan, dengan adanya absensi online memungkinkan mereka untuk melakukan check-in dan check-out di mana pun bahkan di rumah sekalipun.Karyawan juga bisa mengajukan perubahan jadwal kerja atau absensi tanpa ada batasan birokrasi.


Absensi online dapat dilakukan oleh karyawan melalui smartphone langsung yang nantinya data langsung terekam ke dalam sistem HRIS perusahaan. Dengan begini, karyawan tidak perlu lagi menggunakan verifikasi yang menyulitkan seperti melakukan tangkapan layar atau video call.


Ajukan Cuti dan Lembur dengan Mudah

Selain absensi, karyawan juga bisa melakukan pengajuan cuti dan lembur melalui smartphone dengan mudah. 


Dengan aplikasi HRIS, perusahaan dapat menyediakan opsi cuti baik yang berbayar maupun tidak dan beragam cuti lainnya. Karyawan bisa mengetahui jatah cuti yang telah digunakan dan sisa jatah cuti yang belum diambil.


Bukan hanya cuti dan lemburan, karyawan juga bisa mengakses slip gaji pada bulan saat itu dan bulan-bulan lalu. 


Bagi perusahaan yang menerapkan sistem kerja shift atau menyewa pekerja freelance juga bisa menyusun jadwal yang bisa langsung didistribusikan melalui satu aplikasi.


Dengan kemudahan yang diberikan, karyawan dapat melakukan segala aktivitas termasuk mengajukan cuti dengan mudah hanya dari rumah.


Proses Konsolidasi Data yang Cepat

Dengan data yang real-time dan terintegrasi, karyawan HR bisa melakukan konsolidasi data dengan mudah tanpa harus mengacu pada dokumen-dokumen kertas atau hanya terbatas dengan satu platform. Sehingga karyawan HR bisa melakukan aktivitas tata kelola karyawan hanya dari rumah.


Selain itu, konsolidasi data yang terotomatisasi juga memungkinkan perhitungan gaji tanpa error. Perhitungan pun dilakukan secara komprehensif yang meliputi potongan pajak dan BPJS TK secara otomatis.


Aplikasi HR Terbaik Indonesia

Penggunaan aplikasi HR sejatinya memberikan banyak kemudahan. Bukan hanya membantu menerapkan wfh namun juga membuat perusahaan lebih fokus pada proses bisnis yang lebih strategis. Hal itu karena penggunaan aplikasi SDM seperti ini mampu memangkas waktu operasional HR hingga 60%.


Work From Home menjadi penting saat ini, sehingga menjadi sebuah urgensi bagi perusahaan untuk mulai berinvestasi untuk menggunakan sistem otomatisasi HR seperti aplikasi HRIS.


Jika Anda bingung memilih, Talenta bisa menjadi solusi HRIS terbaik bagi Anda. Sebagai software as a service HR, Talenta memiliki seluruh fitur yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam tata kelola HR termasuk manajemen kompensasi karyawan.


Tertarik dengan Talenta? Cari tahu fitur lengkapnya situs resmi Talenta dan dapatkan coba gratis di sini!

0 comments:

Posting Komentar