Menggunakan Software HR : Kunci Rekrutmen Praktis dan Efektif

Salah satu tugas HRD yang penting bagi kelangsungan operasional perusahaan adalah mendapatkan kandidat untuk bergabung dengan perusahaan. Proses ini dikenal sebagai rekrutmen. Proses rekrutmen dikenal membutuhkan banyak ketelitian dan cross check  informasi berkali-kali.

Sebab, bisa saja HRD justru melewatkan kandidat yang berkualitas dan malah menjaring yang kurang cocok dengan perusahaan. Tumpukan dokumen dan kesulitan fokus diduga menjadi sumber kesulitan HRD saat melakukan rekrutmen. Akan tetapi, dengan HR Software Indonesia, rekrutmen dapat menjadi praktis dan efektif. 



Tantangan HRD Dalam Rekrutmen

Rekrutmen dikenal gampang-gampang susah. HRD harus menyeleksi dan memilih kandidat yang dibutuhkan perusahaan dengan kualifikasi tertentu. Namun, kandidat yang paling bertalenta pun tak cukup. HRD juga harus memastikan bahwa kandidat tersebut memiliki kecocokan dengan budaya perusahaan. Dengan begitu kandidat yang nantinya akan bergabung sebagai karyawan tidak membutuhkan banyak waktu untuk beradaptasi. 


HRD pun dikejar oleh waktu, terutama dari divisi yang membutuhkan tenaga bantuan. Padahal, HRD dituntut teliti dan selektif dalam memilih kandidat. Sementara divisi yang membutuhkan ingin mendapatkan kandidat baru secepat mungkin karena posisi yang kosong. Akibatnya, proses perekrutan mungkin terlalu lama membuat kandidat terbaik beralih ke perusahaan lain. 


Selain masalah mengenai waktu, HRD juga merasa kesulitan dalam manajemen data pada kandidat. Setiap harinya HRD menerima berbagai surat lamaran kerja dan CV dari berbagai kandidat. Rekrutmen dengan cara konvensional sangat menyulitkan HRD dalam menyimpan dan melacak data kandidat yang masuk. Waktu HRD pun terbuang banyak dalam pengelolaan data kandidat. Akhirnya proses rekrutmen berjalan lambat dan tidak efisien. 


Beralih ke Software HR Indonesia dari LinovHR untuk Kesuksesan Rekrutmen

Penjelasan singkat diatas dapat membuat kesimpulan bahwa rekrutmen adalah proses yang membutuhkan ketelitian dan fokus lebih untuk mendapatkan kandidat terbaik yang tepat. Namun, rekrutmen manual hanya memakan waktu dan justru menyulitkan HRD.

Padahal persaingan untuk mendapatkan kandidat terbaik di luar sana sangat ketat. Inilah saat yang tepat bagi HRD untuk beralih dari rekrutmen manual ke rekrutmen digital dengan  HR  Software Indonesia dari LinovHR. 


LinovHR adalah penyedia HR Software Indonesia terbaik yang dapat membantu HRD untuk melakukan proses rekrutmen dengan berbagai fitur mutakhir. Contohnya adalah fitur Candidate yang dapat menyimpan seluruh data kandidat secara terpusat. Sehingga HRD dapat memantau dan melacak data kandidat yang masuk serta menyelesaikannya sesuai kualifikasi tanpa perlu terlibat lagi dengan tumpukan dokumen. 


Fitur lainnya adalah Person in Charge untuk memilih dan menunjukkan staf HRD mana yang bertanggung jawab dengan rekrutmen yang sedang berlangsung. Pertanggungjawaban atas rekrutmen pun lebih mudah dilakukan sehingga transparansi antar tim HRD dan manajerial terbentuk dengan baik.

Tunggu apalagi? Rasakan kemudahan rekrutmen dengan HR Software Indonesia dari LinovHR. Hubungi LinovHR sekarang dan dapatkan uji coba gratis HR Software Indonesia sekarang!

0 comments:

Posting Komentar