Tips Ampuh Hilangkan Jenuh dan Bosan selama WHF

Hingga saat ini, pandemi Covid masih dinyatakan belum berakhir. Mau tidak mau, segala aktivitas yang melibatkan kerumunan banyak orang harus dihindari semaksimal mungkin. Salah satunya, kegiatan kantor.

Olehkarena itu, pekerjaan yang seharusnya dikerjakan di kantor harus dialihkan secara mandiri di rumah atau disebut dengan Work From Home (WFH). Meski WFH terdengar lebih menyenangkan, namun ada tantangan baru yang harus dihadapi, misalnya rasa bosan.

Nah, biar tidak bosan ataupun jenuh selama WFH, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan.



Tentukan Ruang Kerja

Bekerja di rumah harus dilakukan secara profesional. Cobalah menentukan ruang kerja yang memberikan Anda rasa nyaman dan konsentrasi lebih. Dengan demikian, duduk di ruang ini akan otomatis mengirimkan sinyal untuk fokus bekerja.

Sebaliknya, jauhi ruangan kerja dan berbagai hal yang berkaitan dengan pekerjaan seperti email atau pesan, jika sedang tidak bekerja. Cara tersebut akan memisahkan urusan kerja dengan pribadi saat di rumah.


Bergerak

Umumnya, tempat kerja di sebuah perusahaan hanya menyediakan ruangan terbatas bagi karyawannya. Tak heran, sebagian besar orang merasa lelah atau cepat bosan saat bekerja. Nah, WFH memberikan peluang bagi Anda untuk bekerja dalam ruang kerja ergonomis.

Misalnya, bekerja di tempat duduk sofa yang lebih nyaman atau di tempat tidur dengan posisi bagus. Perlu Anda tahu, ruang kerja yang ergonomis akan menghilangkan resiko cedera muskuloskeletal dan meningkatkan produktivitas.


Bersiap Mulai Kerja

Walaupun bekerja di rumah tanpa pengawasan langsung dari bos ataupun rekan, tetaplah melakukan rutinitas normal seperti mandi dan berpakaian seperti biasa. Kebiasaan tersebut akan memicu perasaan bekerja dengan suasana seperti saat di kantor langsung.


Tetapkan Jadwal

WFH seringkali memberikan peluang untuk kabur dari tanggung jawab. Pasalnya, banyak kegiatan yang lebih menyenangkan di rumah, apalagi adanya si kecil dan anggota keluarga lainnya. Akan tetapi, cobalah tetapkan jadwal di ponsel, kertas, atau dinding biar terlihat jelas apa saja yang perlu dikerjakan lebih dulu.


Terakhir, jangan lupa beristirahat. Sama halnya saat bekerja di kantor, WFH juga memerlukan waktu istirahat biar konsentrasi kembali pulih.

0 comments:

Posting Komentar