Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Memilih Hosting Terbaik dengan Harga Terjangkau

Berbicara mengenai website tentu tidak bisa terlepas dari istilah hosting. Website dan hosting adalah dua hal yang bisa dikatakan satu paket untuk bisa menunjang performanya menjadi lebih baik. Saat ini sudah banyak penyedia hosting yang bisa dipilih, namun tidak semua memiliki kualitas yang baik. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda memperhatikan tips memilih hosting terbaik dengan harga terjangkau berikut ini.


Pengertian Hosting

Sebelum berlanjut ke pembahasan mengenai tips, hal pertama yang harus diketahui adalah apa sebenarnya pengertian hosting. Hosting adalah sebuah tempat untuk menyimpan data-data pada website. Data tersebut kemudian bisa dikelola oleh pemilik website. Bentuk data ini juga bermacam-macam, mulai dari gambar, video, script, email, dan database penting lain.


Setiap hosting mempunyai kapasitas memori yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Hal ini karena tujuan pembuatan website juga tidak sama. Ada yang membuat website untuk toko online, company profile, atau hanya sekadar dijadikan blog atau portfolio.


Jenis-Jenis Hosting

1. Shared Hosting

Sesuai dengan namanya, shared hosting adalah sebuah hosting yang digunakan untuk bersama. Jenis hosting ini sangat cocok untuk website pemula yang masih ingin menggunakannya sebagai kebutuhan personal saja seperti membuat portfolio atau blog. Karena digunakan bersama-sama, maka biaya yang harus dikeluarkan pun juga ditanggung bersama sehingga menjadi lebih hemat.


2. Cloud Hosting

Jenis hosting yang berikutnya adalah cloud hosting. Hosting ini menggunakan beberapa server untuk menyeimbangkan performa website serta memaksimalkan jam kerja server. Cloud hosting tidak memakai single server melainkan cluster, yakni ada beberapa server yang digabung dan menjadi sebuah server yang utuh. Para pengguna hosting ini tidak perlu khawatir apabila terdapat satu server yang bermasalah.


3. WordPress Hosting

WordPress merupakan sebuah layanan web hosting untuk website dengan platform WordPress. Tentu saja hosting ini lebih banyak digunakan oleh para pengguna WordPress baik sebagai website profesional  maupun blog. Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh jenis hosting ini adalah harga yang terjangkau, pembaruan otomatis, mudah untuk dikelola, dan masih banyak lagi.


4. VPS Hosting

Virtual Private Hosting merupakan server yang memakai teknologi dengan sistem membagi sumber daya pribadi ke banyak pengguna. Walaupun terdapat beberapa server virtual dengan resource yang sama, namun hal tersebut tidak akan mempengaruhi performa satu server dengan yang lain sehingga bisa dipastikan tidak akan terjadi kebocoran data.


Tips Memilih Hosting Terbaik dengan Harga Terjangkau


1. Sesuaikan dengan jenis dan fungsi website

Seperti telah disebutkan di bagian sebelumnya, setiap website pasti memiliki fungsi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sebelum memilih hosting, pastikan Anda sudah mengetahui terlebih dahulu akan digunakan untuk apa website tersebut. Kebutuhan hosting untuk website personal tentu berbeda dengan untuk toko online. Jangan sampai uang yang Anda keluarkan untuk membeli hosting yang besar terbuang sia-sia karena hanya untuk kebutuhan kecil saja.


2. Tentukan platform

Setelah mengetahui akan digunakan untuk apa website tersebut, selanjutnya Anda perlu menentukan platform. Anda bisa memakai platform WordPress yang sudah banyak digunakan banyak orang. Platform ini sangat cocok digunakan pemula maupun profesional. Selain WordPress, ada platform lain seperti WIX, Joomla, Drupal, dan lain-lain.


3. Memperhatikan potensi traffic website

Sebagai calon pemilik website, Anda juga dituntut untuk memiliki pandangan ke depan yang baik. Perhatikan apakah website yang akan Anda buat memiliki potensi mendatangkan banyak traffic. Jika iya, maka sangat tidak disarankan untuk memilih shared hosting, apalagi jika itu untuk keperluan portal berita, toko online, dan sebagainya. Pilih hosting dengan resource yang besar untuk menghindari kemungkinan website down.


4. Sesuaikan dengan fitur dan konten

Berikutnya, Anda juga harus bisa menyesuaikan hosting dengan fitur dan juga konten website. Jika website Anda hanya untuk kebutuhan pribadi saja, maka Anda tidak terlalu membutuhkan fitur yang  banyak. Namun, jika Anda menggunakan website untuk profile company atau toko online, fitur yang dihadirkan harus lebih banyak. Semakin banyak fitur ini, semakin besar pula kapasitas hosting yang dibutuhkan.


5. Memilih kapasitas hosting

Kapasitas hosting ini sangat mempengaruhi performa website. Semakin banyak konten dan fitur pada sebuah website, maka semakin besar pula kebutuhan kapasitas ini. Hal tersebut bertujuan agar bisa menyimpan banyak database yang bisa diakses sewaktu-waktu. Setiap website mempunyai kapasitas yang berbeda-beda. Jadi, sebaiknya tentukan dengan bijak sebelum memutuskan memilih hosting.


6. Sesuaikan harga dengan budget

Meski membutuhkan kapasitas hosting yang besar, bukan berarti Anda boleh membuang banyak budget untuk membeli hosting tersebut. Anda juga perlu mempertimbangkan antara harga dengan budget yang Anda miliki. Jangan sampai karena terlalu memaksakan membeli hosting di atas budget, justru kondisi keuangan akan menjadi kacau.


7. Melihat review

Cara paling baik untuk menilai apakah sebuah penyedia hosting memiliki kualitas yang baik atau tidak adalah dengan melihat review atau testimoni. Karena hosting berkaitan dengan website, maka Anda bisa dengan mudah mencari pendapat orang yang pernah membeli di penyedia hosting tersebut. Perhatikan apakah mereka puas dengan kualitas yang diberikan saat ini. Jika iya, penyedia hosting tersebut bisa menjadi pilihan Anda.


Rekomendasi Hosting Terbaik Saat Ini

Mungkin setelah memperhatikan tips-tips di atas, Anda masih kebingungan untuk mencari penyedia hosting terbaik yang paling tepat. Jika memang demikian, maka Anda bisa mencoba untuk menggunakan hosting dari IDwebhost. Ada beberapa keunggulan IDwebhost jika dibandingkan dengan penyedia hosting lainnya. Apa saja itu?


1. Perusahaan pertama yang terakreditasi ICANN di Indonesia

IDwebhost sudah dipercaya dan mendapatkan akreditasi dari ICANN, yakni organisasi akreditasi domain seluruh dunia. Selain menyediakan domain murah, IDwebhost juga menawarkan domain dengan kualitas  terbaik. Dengan adanya akreditasi ini, Anda sepertinya tidak perlu ragu lagi bagaimana kualitas yang diberikan.


2. Dipercaya lebih dari 100.000 pelanggan

Jika pelanggannya hanya ratusan orang saja mungkin belum bisa dijadikan patokan bahwa jasa tersebut benar-benar berkualitas. Akan tetapi, IDwebhost bahkan sudah dipercaya lebih dari 100.000 pelanggan sejak tahun 2004. Jadi, tidak mungkin bukan sebuah penyedia hosting yang tidak baik akan memiliki pelanggan sebanyak ini?


3. Layanan customer service fast response

Demi bisa memuaskan seluruh pelanggan dan menjaga kepercayaan mereka, IDwebhost berani menyiapkan tim customer care yang siap melayani saran, masukan, komplain, atau pertanyaan dari pelanggan selama 24 penuh. Pelanggan bisa menghubungi melalui live chat, WhatsApp, SMS, Instagram, Twitter, atau Youtube.


Itulah tadi beberapa tips memilih hosting terbaik dengan harga terjangkau. Setelah membaca penjelasan ini, Anda sudah tidak akan ragu lagi dalam memilih penyedia hosting karena selain mendapat tips, ada juga rekomendasi hosting yang sangat terpercaya dan terbukti berkualitas, yakni IDwebhost. Anda tinggal menentukan akan membuat website untuk apa dan percayakan urusan hosting pada penyedia tersebut.

Posting Komentar untuk "7 Tips Memilih Hosting Terbaik dengan Harga Terjangkau"