Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Agar Dana Pensiun Tidak Cepat Habis? Ketahui Cara Mengelolanya

Karena minimnya pengalaman, tidak sedikit dari dana pensiun cepat habis begitu saja. Padahal dana ini menjadi salah satu dana penting yang dapat digunakan oleh seseorang yang sudah memasuki usia non-produktif dimana sudah tidak bekerja lagi. Bahkan tidak sedikit dari mereka tidak tahu penyebab mengapa dana tersebut bisa habis begitu saja.


Kebanyakan dari masyarakat memang akan mengira jika dana ini merupakan tabungan hari tua. Padahal jika dilihat dari pengertiannya, tidak hanya terbatas sebagai penunjang hidup anda serta keluarga di masa depan saja. Selain itu, perannya juga sangat penting bagi seseorang yang sedang memasuki masa peninsiun. 



Apa itu Dana Pensiun dan Mengapa Keberadaannya Penting? 

Walaupun istilah dana pensiun sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang. Namun masih banyak orang salah ketika harus mengartikannya. Bahkan tidak sedikit dari mereka menyamakannya dengan tabungan di waktu senja. Daripada salah mengartikannya, cobalah simak penjelasan berikut ini. 


Ini merupakan dana yang sudah disiapkan oleh seseorang dengan usia non-produktif yakni ketika sudah memasuki usia 55 tahun atau sedang tidak bekerja karena kondisi tertentu. Dalam prosesnya ternyata dikelola oleh lembaga berwenang dimana bertugas untuk menjalankan program manfaat pensiun tersebut. 


Seperti yang sudah diketahui, masa peninsiun seorang karyawan biasanya dimulai ketika usianya sudah memasuki 55 tahun. Adapun pemberiannya diharapkan mampu menutupi biaya hidup selama 20 tahun ke depan. Agar dana tersebut dapat memenuhi kebutuhan para pensiunan di masa depan maka pengelolaan dan pengalokasian dana pensiun memang cukup penting dilakukan. 


Tips Mengelola dan Mengalokasikan Dana Pensiun

Agar tidak salah dalam melangkah maupun menggunakan uang tersebut di usia senja, maka anda wajib mengetahui bagaimanakah tips mengelola serta mengalokasikannya. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak ulasan berikut ini. 


1. Buat Perencanaan Keuangan Dahulu

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah seperti apakah perencanaan keuangan anda tersebut. Cobalah membuat daftar secara detail agar mudah dipahami dengan baik. Dapat dimulai melakukan perencanaan pemasukan dan kebutuhan pengeluaran. 


Dengan perencanaan keuangan yang jelas itulah, pensiunan bisa memproyeksikan kebutuhan dimana sekiranya akan dihabiskan di usia senja. 


2. Kebutuhan Apa Sajakah Yang Harus Dipenuhi

Hampir semua orang membutuhkan 70-90% dari penghasilan agar bisa memenuhi kebutuhan s serta gaya hidup yang dimiliki saat memasuki usia non-produktif. Disinilah pentingnya buat mengetahui dahulu kebutuhan apa sajakah yang wajib dipenuhi. Dengan begini, anda akan diberikan kemudahan.


3. Gunakan Buat Berbisnis

Cara mengelola dana pensiun berikutnya adalah bisa digunakan buat melakukan kegiatan produktif seperti untuk berbisnis. Adapun bisnis yang dikelola biasanya akan tergantung dengan besarnya uang pensiunan. Dengan menggunakan sebagai kegiatan bisnis itulah akan memberikan keuntungan lebih besar. 


Ada banyak pilihan bisnis yang bisa anda pilih. Tetapi pastikan jika bisnis yang dibangun sesuai dengan modal uang pensiunan. Jangan khawatir, beberapa bisnis juga hanya membutuhkan dana terbatas.


4. Ikut Program Peserta Pensiun

Cara berikutnya buat mengelola dana pensiunan adalah dengan ikut program peserta pensiun. Sebab hampir semua pekerja di Indonesia pasti sudah memperoleh jaminan pensiun dimana disediakan oleh pihak BPJS bukan? jika belum mendapatkannya cobalah segera lakukan pendaftaran diri. 


Bagi anda yang ingin memperoleh kebaikan dimana tetap mengalir setiap saat, maka bisa juga menggunakan uang pensiunan buat hibah. Tentu ini tidak hanya bermanfaat untuk pribadi tetapi juga orang lain. 


Mengelola uang pensiunan memang wajib dilakukan agar tidak habis begitu saja. Tetapi perlu diingat juga untuk menggunakan dana pensiun buat berinvestasi seperti melalui LinkAja yang menawarkan layanan transaksi lebih mudah dan praktis.

Posting Komentar untuk "Agar Dana Pensiun Tidak Cepat Habis? Ketahui Cara Mengelolanya"