Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Rekomendasi Investasi Bagi Anak Muda

Selagi umur masih muda, akan lebih baik jika Anda sudah mulai mempersiapkan keuangan untuk masa depan. Salah satu cara yang umum dilakukan adalah dengan berinvestasi. Akan tetapi, saat ini masih terdapat banyak anak muda yang belum mengetahui apa itu investasi. Padahal semakin dini investasi dilakukan, maka akan semakin baik lagi.

Berbicara tentang investasi, tentu ada banyak sekali jenisnya. Selain karena modal masih terbatas, biasanya kalangan muda enggan berinvestasi karena belum mengetahui jenis-jenisnya. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang jenis investasi yang cocok untuk para kalangan mudah. Berikut ini adalah ulasan serta penjelasannya.



1. Reksadana

Rekomendasi pertama adalah Reksadana. Jenis instrumen ini sangat cocok sekali dijadikan pilihan karena dapat dilakukan dengan jumlah modal kecil. Anda bisa mulai berinvestasi dengan dana minimal 100 ribu rupiah saja. Meskipun begitu, jangan anggap remeh return dari Reksadana karena bisa mencapai 20 persen. Tentunya jumlah tersebut bisa dibilang cukup tinggi untuk ukuran investasi dengan modal minim.

Selain itu, cara kerja dari Reksadana sangat sederhana. Investor hanya perlu memilih manajer investasi saja. Setelah itu, pihak manajer investasi yang akan bertugas mengalokasikan modal ke berbagai macam instrumen investasi. Hal menarik lainnya, berinvestasi reksadana mempunyai risiko cukup kecil sehingga relatif aman untuk dilakukan bagi para pemula.

2. Emas Batangan

Bagi Anda yang tidak ingin terlalu ribet, berinvestasi emas batangan adalah pilihan tepat. Menyimpan emas memang sudah dikenal sebagai instrumen investasi paling mudah dan aman sejak dahulu kala. Selain itu, harga jual dari emas selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Namun, jika Anda ingin keuntungan besar dalam waktu singkat, berinvestasi emas mungkin kurang tepat.

Berinvestasi ini memang ditujukan untuk jangka panjang. Jadi, apabila baru hitungan 1 sampai 2 tahunan, maka profit yang diperoleh masih kecil. Untuk mulai berinvestasi emas, Anda bisa mencarinya di pegadaian ataupun Antam. Setelah itu, simpan emas tersebut sampai jangka waktu panjang agar keuntungan yang diperoleh bisa maksimal.

3. Properti

Rekomendasi berikutnya adalah berinvestasi properti. Banyak orang berpendapat bahwa jenis instrumen ini hanya bisa dilakukan oleh orang dengan banyak uang. Namun, bukan berarti hal tersebut tidak bisa dilakukan juga oleh anak muda. Hal paling penting diperhatikan adalah Anda harus memilih properti yang sesuai dengan kemampuan finansial sendiri.

Sebagai contoh, mungkin akan sedikit berat apabila mencari properti di daerah perkotaan seperti Jakarta. Untuk itu, carilah properti yang berada di daerah pinggiran seperti Tangerang ataupun Depok. Di daerah tersebut, harga propertinya tentu lebih terjangkau daripada di Jakarta.  Selain itu, Anda juga bisa mencari tempat di sana yang berpotensi mempunyai kenaikan harga tinggi di masa depan.

Selain tanah atau rumah, properti yang bisa dipilih adalah apartemen. Berbeda dengan tanah yang dijual, berinvestasi apartemen biasanya lebih ke penyewaan. Jadi, Anda dapat beli apartemen kemudian menyewakannya kepada orang lain. Investasi properti ini juga terbilang punya risiko rendah dengan potensi keuntungan yang besar.

Itulah rekomendasi investasi yang bisa dijadikan pilihan anak muda. Melihat kemajuan teknologi digital seperti saat ini, penting bagi kalangan muda untuk mengetahui tentang apa itu investasi. Akan lebih baik lagi jika Anda mencoba untuk memulai investasi sedini mungkin. Untuk jenisnya, Anda dapat pilih mana yang paling sesuai dengan kemampuan dan kondisi keuangan pribadi. 

Posting Komentar untuk "3 Rekomendasi Investasi Bagi Anak Muda"