Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengirim Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal agar Amal yang Tak Terputus

Sosok yang paling berpengaruh dan berjasa dalam kehidupan banyak orang adalah orang tua. Mereka menjaga sejak berada dalam kandungan dan merawat hingga anak itu tumbuh dewasa. Jasa-jasa orang tua takkan pernah bisa dibalas oleh siapapun.

Bagi seorang Muslim berbakti kepada orang tua merupakan suatu kewajiban. Kedudukan orang tua dalam Islam sangat mulia yang tergambar dari ayat-ayat dan hadis yang menjelaskan tentang pentingnya berbakti kepada orang tua.  Doa untuk orang tua sudah menjadi kewajiban tiap anak manusia untuk menghormati kedua orang tua yakni ibu dan bapak, dan sangat wajib bagi anak untuk medoakan merea sudah meninggal dunia.  Semasa hidup di dunia, manusia diwajibkan melakukan kebaikan untuk mendapatkan pahala yang akan membantunya di alam kubur. Dan ketika sudah meninggal seseorang sudah tak bisa lagi berbuat kebaikan. 



Maka dari itu, penting bagi bagi setiap orang untuk mengirim doa kepada orang tua  yang meninggal. Cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal mengenal waktu,  baik ketika orang tua masih hidup ataupun orang ta yang sudah meninggal, kita waib untuk terus berbakti kepada mereka. Meski kedua orang tua telah tutup usia, bukan berarti berhenti mendoakan mereka. Kedua orang tua kita sangat menantikn doa dari anak-anaknya sebagai penolong dan juga amakan yang tak pernah putus. 

Memanjatkan doa untuk orang tua yang meninggal wajib dilaksanakan bagi anak-anak yang ditinggalkan.  Begitu mulianya kedudukan orang tua dalam Islam sampai membuat siapa saja yang durhaka kepada mereka, maka dosa besar yang akan menjadi balasannya. 

Raullah SAW bersabda, 

“maukah kalian kuberitahukan tentang dosa besar yang terbesar?” maka para sahabat mengatakan, tentu mau wahai Rasullullah”. Maka beliau mengatakan yaitu mempersekutukan Allah dan durhaka kepada orang tua” (HR. Bukhari dan Muslim).

Berbakti kepada orang tua tidak hanya dilakukan ketika mereka hidup dinuia. Saat mereka telah meninggal pun,  seseorang tetap diperintahkan untuk terus berbakti pada kedua orang tua kita. 

Kita juga tahu bahwa salah satu amalan yang akan terus mengalirkan pahala meskipun seorang telah meniggal adalh doa dari anak yang sholeh untuk orang tua. Doa untuk orang tua yang sudah meninggal dari sang anak inilah yang dikatakan dapat menjadi penyelamat dan juga sesuatu yang dinanti oleh orang tua ketika kedua orang tua telah meninggal. 

“jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (Hr Muslim).

Adapun doa yang dipanjatkan seperti “Tuhanku, ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku, sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku waktu kecil.” 

Itulah seberapa penting bagi anak untuk mendoakan orang tua yang sudah meninggal sebagai wujud berbakti kepada mereka.

Posting Komentar untuk "Mengirim Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal agar Amal yang Tak Terputus"