Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Singkat Mengenai ISP

Internet Service Provider atau yang dikenal dengan istilah ISP merupakan sebuah lembaga penyedian koneksi internet untuk masyarakat. Akan tetapi tentu saja ada biaya yang harus dibayarkan jika Anda ingin mendapatkan akses internet dengan mudah.

ISP sangat diperlukan, apalagi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Tanpa adanya ISP maka akan sulit untuk mengerjakan pekerjaan. Akan tetapi sebelum itu, ketahui dulu apa pengertian dari ISP beserta fungsi-fungsinya.

Mengenal Singkat Mengenai ISP

Sejarah Singkat Adanya ISP

Sebelum mengenal lebih lanjut mengenai ISP ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bagaimana sejarah singkatnya. Jadi dimulai pada tahun 1969 ARPAnet milik Departemen Pertahanan di Amerika Serikat membuat sebuah jaringan komputer. 

Saat itu ARPAnet membuat jaringan komputer dengan cara tersebar. Gunanya adalah untuk menghindari terjadinya informasi yang terpusat. Apabila hal tersebut sampai terjadi maka bisa menyebabkan peperangan. 

Kemudian internet saat itu sudah mulai digunakan oleh kalangan akademis untuk melakukan penelitian teknologi. Saat itu yang menggunakannya adalah dari kalangan UCLA. Setelah itu dari tahun 1990 pemerintah Amerika baru memberikan izin. 

Setelah mendapatkan izin dari pemerintah maka internet sudah mulai digunakan untuk kegiatan bisnis. Baru pada tahun 95an mulai muncul istilah dan kemudian baru mulai dibuat bandwidth dengan kekuatan berkisar antara 14.4 Kbps.

Mengenal Pengertian dari ISP

Setelah mengetahui sejarah singkat dari ISP, penting kiranya Anda untuk mengetahui apa pengertian dari ISP. Agar Anda bisa melakukan akses ke internet penting kiranya untuk membeli layanan dari jasa penyedia akses internet atau provider. 

ISP sendiri bentuknya sebuah perusahaan yang menyediakan jasa untuk layanan internet. Biasanya perusahaan tersebut memberikan beberapa paket dengan harga dan kecepatan internet yang berbeda.

Mengenal Jenis dari ISP

Setelah mengetahui tentang sejarah dan pengertian dari ISP, berikutnya adalah pembagian jenisnya. Ada beberapa jenis ISP yang harus Anda ketahui yaitu sebagai berikut:

1. Dedicated Connection

Dedicated connection merupakan sebuah layanan internet yang bisa digunakan kapan saja karena tersedia dalam 24 jam. Jenis layanan yang satu ini biasanya digunakan untuk tempat-tempat dengan kebutuhan internet tinggi. 

Apabila Anda memiliki perusahaan besar yang membutuhkan banyak jaringan internet dan komputer cobalah untuk menggunakan dedicated connection. 

2. Mobil Access

Jenis kedua adalah mobile access yang merupakan sebuah jenis ISP dengan menawarkan kemudahan dan sering digunakan oleh mahasiswa atau siswa. Anda juga bisa menggunakan jika ingin membuka online shop atau bisnis UMKM.

Adapun pembayaran yang dilakukan biasanya melalui pulsa, jadi hanya membutuhkan pulsa dan ponsel saja. 

3. Wireless

Jenis ISP lainnya yang juga sering digunakan adalah wireless. Wireless memiliki fungsi untuk mengakses internet tanpa menggunakan kabel. Teknologi wireless ternyata sudah berkembang pesat bahkan bisa digunakan untuk telepon genggam.

Tentu masih ada beberapa jenis ISP lain yang bisa Anda gunakan untuk mengakses internet. Semakin besar kecepatan internet yang ditawarkan maka semakin mahal biayanya.

Posting Komentar untuk "Mengenal Singkat Mengenai ISP"