Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Kesalahan yang Sering Pemula Lakukan dalam Bermain Gitar

Gitar adalah alat musik yang banyak digemari karena menjadi salah satu alat yang mudah untuk dipelajari. Bagi pemula yang baru belajar pasti akan mengalami sedikit hambatan dengan berbagai kesalahan dalam bermain gitar. Tapi apabila kesalahan terus terjadi dan membuatmu putus asa, jangan terburu-buru untuk jual gitar kesayangan kamu. Bisa saja kamu hanya membuat kesalahan umum yang biasanya pemula lakukan.

Kesalahan dalam bermain gitar bagi pemula merupakan hal yang wajar, terlebih lagi jika kamu berlajar sendiri tanpa ada guru. Jika pemula belajar dari guru gitar bisa membantu kamu untuk menemukan kesalahan dan segera memperbaikinya. Tapi apabila kamu hanya belajar gitar sendiri, kamu harus mengenali kesalahan apa saja yang telah kamu lakukan.

Kesalahan yang Sering Pemula Lakukan dalam Bermain Gitar

Kenali 7 kesalahan yang umum dilakukan oleh pemula dibawah ini:

Salah Memegang Gitar

Memulai sesuatu yang baru memang tidak mudah, untuk sampai ke tahap mahir kamu harus terus berlatih dan belajar dari setiap kesalahan. Kamu harus memastikan sudah memegang gitar dengan posisi yang benar. Dalam proses belajar bermain gitar, apabila kamu mengalami kesulitan dalam memainkan akord dan lick bisa jadi posisi gitar dan postur tubuh kamu belum sesuai.

Tidak Terlalu Kuat Ketika Menekan Senar

Dalam memainkan gitar, usahakan agar kamu cukup menekan senar gitar. Karena jika tekanan dalam menekan senar kurang, maka suara yang dihasilkan tidak merdu atau bahkan aneh. Untuk mengatasi hal tersebut, posisikan jari-jari kamu sesuai dengan kunci gitar, kemudian tekan senarnya dengan kuat. Namun jangan terlalu menekan, karena bisa menyakiti jari kamu dan akan menghambat proses belajar.

Tidak Memahami Teori Dasar

Walaupun kamu belajar sendiri dengan cara otodidak, setidaknya kamu harus memahami teori dasar dalam bermain gitar. Teori dasar adalah belajar tangga nada mayor, minor, dan juga posisi kord. Pemahaman teori dasar yang tepat sangat bermanfaat ketika kamu belajar lagu-lagu baru.

Tidak Merenggangkan Senar Baru

Ketika kamu baru memasang senar baru, kamu harus memperhatikan bahwa kamu harus mengubah string dan perlu untuk distabilkan. Kamu harus merenggangkan sendiri senar dengan tangan setelah memasang senar baru. Setelah direnggangkan, coba mainkan kembali gitar sambal menyetem senarnya.

Tidak Menyetem Gitar Setiap Sebelum Latihan

Saat memainkan gitar, kamu harus membiasakan rutinitas menyetem gitar sebelum latihan. Kamu harus pastikan apakah nada yang dihasilkan sudah sesuai atau belum selaras. Semakin gitar sering dimainkan, semakin cepat juga menjadi tidak selaras. Sehingga ada baiknya sebelum latihan selalu menyetem gitar.

Kuku yang Panjang

Pada orang kidal, biasanya tangan untuk menekan senar adalah tangan kanan, begitupun sebaliknya bagi yang tidak kidal. Tangan yang digunakan untuk menekan senar sebaiknya kukunya tidak boleh panjang. Karena tangan dengan kuku yang panjang yang tidak optimal dalam menekana senar.

Mudah Bosan

Dalam mempelajari dan perkembangan tidak secepat yang kita bayangkan, memang membuat kita patah semangat dan mudah bosan. Namun yang perlu kamu ketahui adalah rasa bosan akan menjadi senjata pembunuh perkembangan dalam belajar. Jadi, jangan mudah bosan dalam mempelajari sesuatu. Jika terasa sudah berlatih namun tidak kunjung ada kemajuan, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya pada orang-orang yang sudah mahir bermain gitar.

Demikian 7 keselahan yang umum terjadi pada pemula saat belajar bermain gitar. Kesalahan dalam belajar adalah hal yang sangat wajar, yang paling penting adalah untuk kenali kesalahan, jangan malu bertanya, dan terus semangat.

Posting Komentar untuk "7 Kesalahan yang Sering Pemula Lakukan dalam Bermain Gitar"