Konsep dari Generator Listrik

Generator listrik adalah sebuah untuk memproduksi energi listrik yang bersumber mekanik dengan induksi elektromagnetik. Konsep dari generator yang pertama kali ditemukan oleh Michael Faraday berkebangsaan Inggris. Bila konduktor digerakkan ke arah maju mundur antara kutub selatan dan kutub utara. Jarum galvanometer bergerak yang disebut dengan gaya listrik. Jarum Galvanometer akan bergerak, jika magnet bergerak. Arah gerak jarum sama seperti arah gerakan konduktor dari arah kutub-kutub nya. Besar penyimpangan jarum sebanding dengan kecepatan potong. Jarum tidak bergerak bila gerakan dihentikan.

Cara untuk mengubah energi mekanik jadi energi listrik dengan menggunakan prinsip dari generator tenaga listrik sebagai berikut:
- Jika sebuah konduktor yang diputar dalam medan magnet, maka gaya listrik yang akan dihasilkan sedikit.
- Jika konduktor yang digunakan banyak maka akan dihasilkan gaya listrik yang semakin besar. Demikian juga dengan konduktor yang diputar semakin cepat di dalam magnet, maka bertambah besar gaya listrik yang dihasilkannya.
- Konduktor yang berbentuk kumparan, jumlah gaya listrik akan semakin besar.

Teori pembangkitan listrik ada dua. Pertama, induksi elektromagnetik yang menggunakan prinsip hukum Faraday seperti prinsip dari generator listrik. Kedua, arah gaya listrik. Arah dari gaya listrik yang dibangkitkan sebuah konduktor dalam magnet akan berubah ketika bertukar arah dari magnetic flux dan arah dari gerakan konduktor. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan kaidah Fleming yaitu apabila ada sebuah penghantar yang bergerak keluar memotong garis pada gaya magnet, maka gaya listrik akan bergerak ke arah kiri.

0 comments:

Poskan Komentar