Keunikan Dan Keanekaragaman Culture di Indonesia

Culture di Indonesia - Culture atau budaya merupakan suatu kebiasaan yang telah berkembang menjadi tradisi pada suatu daerah. Tak terkecuali di Indonesia, sebagai negara kepulauan Indonesia menyimpan puluhan atau bahkan ratusan budaya yang setiap daerahnya memiliki ciri dan keunikan tersendiri mulai dari tarian, lagu, upacara adat, makanan, cara berpakaian dan lain sebagainya.

Selain untuk melanjutkan tradisi yang telah ada budaya juga dapat berfungsi untuk menarik wisatawan hingga menjadikan daerah tersebut menjadi kawasan wisata budaya seperti yang ada di Lombok dengan Desa Sade nya ataupun Desa Wae Rebo yang ada di Flores.

• Batik
Budaya atau culture di Indonesia memang sangatlah beragam namun dari sekian banyak budaya yang ada di Indonesia batik merupakan salah satu budaya asli Indonesia yang sangat terkenal di mata dunia. Karena keindahan dan kepopulerannya banyak mahasiswa asing yang mengikuti "Wonderful International Batik Exhebition" 2016 lalu. Selain itu beberapa ratu dunia juga sempat memakai dan mengagumi keindahan batik seperti Ratu Elizabeth II, Ratu Juliana dan Ratu Sophie hingga Bill Clinton

• Keris
Selain batik, budaya Indonesia yang juga mendunia adalah Keris. Jika dilihat secara sepintas saja keris memang memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri yang membuat keris nampak sangat berbeda dengan senjata lainnya, selain itu keris seperti memiliki aura magis tersendiri yang membuat keris semakin unik. Dengan ini UNESCO mengakui keris sebagai warisan budaya dunia dan memberi penghargaan pada keris tahun 2005.

• Angklung
Budaya atau culture di Indonesia yang mendunia selanjutnya yaitu Angklung, sebagai alat music tradisional khas Jawa Barat Angklung memang mampu memikat mata dunia bhkan Hillary Clinton sebagai tokoh politik yang terkenal di Amerika Serikat telah ikut mempromosikan Angklung di mata dunia khususnya Amerika Serikat.

• Upacara Kasada
Beberapa budaya satu ini sangatlah unik karena hanya terdapat di Indonesia, salah satunya adalah upacara kasada yang dilakukan oleh masyarakat suku Tengger yang berada di sekitar Gunung Bromo. Upacara ini dilakukan pada bulan kasada tepatnya di hari ke 14 yang menghadirkan sesajen dan ditujukan kepada Dewa Sang Hyang Widhi.

• Karapan Sapi
Untuk budaya atau culture di Indonesia yang satu ini pasti sudah banyak yang mengetahuinya, krapan sapi merupakan sebuah tradisi perlombaan sapi yang berada di Madura terutamadi daerah-daerah yang sudah terkenal seperti di Sampang dan Pamekasan

• Bersilaturrahim Pada Hari Raya Idul Fitri
Budaya yang hanya ada di Indonesia yang terakhir yaitu bersilaturrahim pada hari raya idul fitri, tak disadari lebaran yang umat islam rayakan setiap tahunnya dengan salig mengucapkan minal aidzin wal faidzin, adanya makanan-makanan khas lebaran seperti ketupat dan pulang kampong secara besar-besaran ternyata hanya ada di Indonesia dan tidak ada di negara bermayoritas muslim lainnya selain Indonesia.

0 comments:

Poskan Komentar