Kandungan dan Khasiat Teh Hitam yang Harus Anda Tahu

Kandungan dan Khasiat Teh Hitam - Sebagai negara yang mempunyai iklim tropis dan didominasi dengan topografi dataran tinggi, tak heran jika Indonesia mempunyai kawasan perkebunan teh terbesar di Asia Tenggara. Salah satu jenis hasil perkebunan teh terbesar di Indonesia sendiri adalah teh hitam. Tidak berbeda jauh dengan teh hijau, teh hitam ini memiliki khasiat yang tidak jauh berbeda, warna nya pun juga sesuai dengan namanya, yaitu hitam.

Banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan ketika mengkonsumsi teh hitam. Makanya banyak orang-orang yang direkomendasikan untuk meminum teh secara rutin di pagi hari. Tidak hanya pagi hari saja, terkadang ketika cuaca sedang hujan dan udara dingin, menyeduh teh hitam merupakan salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan mood dan menenangkan pikiran.

Kandungan Nutrisi Teh Hitam

Kok bisa sih teh hitam itu memiliki khasiat yang baik untuk tubh manusia? Sebelum membahas khasiatnya, alangkah lebih baik jika kita memngetahui berbagai kandungan nutrisi yang ada pada teh hitam nya terlebih dahulu.

Dalam setiap 100 gram teh hitam, mengandung natrium 3 mg, kalium 37 mg, karbohidrat 0,3 g, kavein 0 mg, dan magnesium 3 mg. Tentunya teh hitam aman dikonsumsi oleh siapapun mengingat tidak ada lemak jahat yang terkandung didalamnya.

Jenis teh hitam ini dipanen dari daun tumbuhan Camellia sinensis, kandungan kafein nya berbeda cukup jauh dibandingkan dengan teh hijau. Teh ini juga lebih teroksidasi dibandingkan jenis teh lainnya. Tak berbeda dengan teh hijau, sehingga dapat disimpan dalam waktu yang lama tanpa harus diawetkan oleh zat kimia tambahan bahkan hingga bertahun-tahun lamanya.

Khasiat Teh Hitam untuk Tubuh Manusia


1. Mencegah Resiko Diabetes
Kandungan nutrisi yang ada pada teh hitam sudah diteliti dapat mencegah resiko Diabetes tentunya apabila dibarengi dengan olahraga yang teratur. Penelitian membuktikan orang-oang yang mengkonsumsi teh hitam dalam waktu rutin satu hingga dua cangkir sehari beresiko 70% lebih rendah terkena diabetes.

2. Kesehatan Mulut
Ternyata teh hitam ini mempunyai khasiat khusus untuk mulut dan gigi manusia, jika anda mengkonsumsi teh hitam denan rutin, gigi anda akan terhindar dari flek hitam dan kerusakan gigi seperti gigi berlubang, dan lain-lain. Teh hitam ini juga akan mengurangi atau membasmi bakteri yang ada di dalam mulut.

3. Meningkatkan Mood
Ternyata teh hitam yang diseduh hangat di pagi hari dapat meningkatkan mood seseorang dikala stress melanda. Anda juga secara tidak sadar akan dibuat lebih rileks dan dapat berkonsentrasi dengan baik. Namun ingat, konsumsi lah teh hitam secara wajar, jangan berlebihan.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Sistem kekebalan tubuh akan meningkat seiring dengan berjalan nya waktu ketika anda rutin mengkonsumsi teh hitam. Kandungan nutrisi di dalam teh hitam ini dipercaya dapat menangkal virus yang ada seperti virus influenza, dan lain-lain.

5. Menurunkan Kolesterol
Mengingat teh hitam ini tidak memiliki kandungan lemak jahat, teh hitam ini dipercaya dapat menurunkan kolesterol. Seperti yang kita ketahui sendiri, kolesterol yang berlebihan dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Sebenarnya masih banyak khasiat yang bisa anda rasakan ketika mengkonsumsi teh hitam ini. Salah satu teh hitam yang bisa anda konsumsi asli Indonesia dan asli dari kebun teh yang berkualitas adalah teh sariwangi. Untuk mendapatkan khasiat yang lebih maksimal, tentunya pola hidup anda juga harus sehat dan dibarengi dengan olah raga rutin setiap minggu nya.

0 comments:

Posting Komentar