Hindari Kesalahan-kesalahan Umum Orang Tua Ini dalam Memberikan Susu Bayi Setiap Hari

Susu merupakan sumber makanan dan minuman utama untuk bayi yang baru lahir sampai dengan umur sekitar bulan ke 6. Setelah itu barulah buah hati mulai belajar mengenal berbagai jenis makanan yang mudah dicerna, tetapi tetap saja susu bayi masih diberikan sebagai pendukung nutrisi yang lengkap. ASI eksklusif sendiri memang dianjurkan diberikan selama dua tahun kepada anak. Namun adanya masalah kerjaan ataupun kesibukan lainnya terkadang ada orang tua yang menggantikan dengan susu formula setelah satu tahun pertumbuhan.

Entah susu ASI ataupun formula yang penting mempunyai pengaruh yang baik itu pertumbuhan si buah hati. Tetapi hal tersebut terkadang muncul masalah juga akibat pemberian susu yang kurang tepat, kesalahan tersebut juga bisa mempengaruhi perkembangan dari anak Anda. makanya penting mengenal dan menghindari kesalahan umum orang tua apa saja yang sering dilakukan dalam pemberian susu kepada anak, antara lain:

1. Selalu memberi susu setiap kali anak rewel.
Kesalahan yang sering dilakukan adalah kebiasaan memberikan susu ketika anak menangis, padahal bayi menangis itu bukan berarti menunjukkan kelaparan. Tetapi bisa saja faktor lainnya seperti popok basah, kencing, ataupun masalah kenyamanan lainnya. Jadi jangan selalu berikan susu langsung ketika bayi Anda rewel, walaupun nutrisi susu baik tetapi jika berlebihan tetap memberikan efek buruk.

2. Penggunaan air terlalu banyak.
Susu formula yang ditawarkan dipasaran dengan berbagai merk baik pada toko online ataupun offline memang mempunyai harga yang cukup tinggi. Tetapi jangan jadikan vitamin yang dibutuhkan anak berkurang akibat penggunaan pemberian susu bayi yang dicampur dengan air terlalu banyak. Hal itu secara otomatis membuat susu yang diberikan tidak mempunyai nutrisi yang sesuai, walaupun membuat lebih hemat.

3. Tidak mensterilkan botol susu anak.
Semua perlengkapan makan untuk anak harus dijaga dengan baik, sterilkan semuanya dari berbagai bakteri dan virus yang kemungkinan masuk dalam tubuh anak. Jangan pernah meremehkan hal ini, jika orang tua sering melakukan kesalahan fatal satu ini pasti akan mengakibatkan kesehatan anak yang terganggu.

4. Penggunaan microwave untuk menyiapkan susu.
Ada juga orang tua yang sering sekali menggunakan microwave dalam memanaskan susu sebelum diberikan kepada anak. Tahukah para orang tua bahwa hal tersebut merupakan kesalahan yang sangat fatal. Akan lebih baiknya jika Anda menggunakan pemanas botol khusus atau bisa juga memasukkan botol pada air panas, setelah itu kocoklah supaya panas menyebar sempurna.

5. Memberikan susu setelah makan.
Akan lebih baiknya jika Anda mengatur pola makan dan minum susu anak setiap harinya, jangan sampai anak merasa terlalu kenyang karena mengkonsumsi makanan dan susu dalam sekali waktu. Obesitas yang ditakutkan oleh beberapa orang tua akan lebih mudah terjadi jika Anda tidak mengatur pola makan dan minum susu untuk anak dengan baik.

6. Membiarkan meminum susu sambil tidur.
Jangan biasakan anak meminum susu sambil tidur, selain tidak baik untuk kesehatan gigi dan gusi juga memberikan kebiasaan buruk kepada anak.

Nah, dari beberapa kesalahan-kesalahan yang telah dijelaskan diatas apakah Anda pernah melakukan satu kebiasaan buruknya? Jika memang iya, segera lakukan perbaikan dengan tidak melakukan hal itu kembali. Cari solusi yang terbaik untuk Anda dan tidak mengganggu tumbuh kembang si anak itu sendiri. Jadi bukan hanya pemilihan susu bayi yang tepat saja perlu diperhatikan tetapi juga pemberian yang tepat supaya tidak mengganggu kesehatan buah hati.

0 comments:

Posting Komentar