Inilah Beberapa Jenis Tanaman Hidroponik yang Bisa Ditanam di Rumah

Tanaman hidroponik mungkin sudah tidak asing lagi didengar oleh masyarakat terutama yang suka dengan kegiatan berkebun dan juga belanja di supermarket. Tanaman ini dikenal lebih sehat dan juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk bahan makanan terbaik yang diolah. Secara etimologi, hidroponik sendiri merupakan bahasa Yunani dari kata hydro yang berarti air dan juga ponos yang berarti kerja. Sehingga apabila ditelaah lebih lanjut, tanaman ini merupakan jenis tanaman yang menggunakan cara atau teknik budidaya tanaman menggunakan air bukan menggunakan tanah seperti yang sudah dikenal selama ini. Jenis Tanaman yang bisa ditanam menggunakan media tanam air ini sendiri ada banyak jenisnya, misalnya beberapa jenis sayuran seperti berikut ini:

1. Selada
Bagi penggemar salad, selada merupakan salah satu tanaman yang umum untuk dinikmati dan dibeli. Selain untuk makanan sehat seperti salad, selada juga bisa digunakan untuk bahan makanan lainnya seperti burger. Tanaman ini mempunyai rasa yang sedikit manis dan juga sangat segar untuk dikonsumsi. Bagi Anda yang suka untuk membuat salad, bisa untuk membuat kebun sendiri menggunakan sistem tanam dengan air ini atau hidroponik di rumah. Dimana selada akan dapat tumbuh subur dan juga sangat mudah tanpa perawatan yang ekstra. Waktu tanamnya juga singkat hanya 1 hingga 2 minggu saja, sehingga bisa dinikmati sebagai bahan salad.

2. Timun
Jenis tanaman hidroponik selanjutnya yang bisa ditanam adalah timur yang merupakan sayuran untuk diolah menjadi makanan atau bisa dikonsumsi langsung. Sayuran hijau yang satu ini bisa juga digunakan untuk pencuci mulut dan berkhasiat untuk menurunkan darah tinggi. Apabila menggunakan teknik hidroponik, timun akan dapat tumbuh secara subur dan baik. Selain itu pastikan juga agar sayuran ini mendapatkan cukup pencahayaan sehingga dapat untuk berkembang dan tumbuh dengan baik. Oleh karena itulah letakkan tanaman ini agar mendapatkan sinar matahari yang cukup.

3. Sayuran berdaun hijau
Bahan makanan selanjutnya yang bisa menggunakan sistem tanam hidroponik adalah sayuran yang mempunyai daun hijau. Selain selada, ada beberapa jenis lainnya yang bisa menggunakan sistem ini. Seperti misalnya ada sayuran bayam, sawi hijau, kangkung, dan juga beberapa jenis sayuran daun hijau lainnya. Untuk memanen sayuran hijau ini, biasanya membutuhkan 1 bulanan dari penyemaian bibitnya. Sehingga akan sangat bermanfaat dan Anda tidak perlu lagi untuk membeli sayuran dan bisa memetik di kebun sendiri untuk mendapatkan sayuran segar.

4. Buah-buahan
Selain sayuran, jenis tanaman lainnya yang bisa ditanam dengan air adalah buah-buahan. Ada beberapa buah yang bisa ditanam dengan menggunakan sistem tanam air yaitu melon, tomat, strawberry, dan lainnya. Agar bisa mendapatkan hasil yang buah maksimal maka hal yang perlu diperhatikan adalah dengan menggunakan air dan juga pencahayaan yang cukup. Sehingga beberapa jenis buah tersebut akan dapat untuk tumbuh dengan baik dan bisa untuk dinikmati.

Beberapa jenis di atas merupakan sayuran dan buah yang bisa ditanam menggunakan jenis tanam dengan air. Dimana hal tersebut akan bisa dilakukan sendiri di rumah dan tidak perlu untuk menggunakan tempat khusus seperti kebun untuk mendapatkan sayuran dan buah segar. Untuk mendapatkan bibit dari tanaman ini sendiri bisa dengan belanja online karena banyak toko online yang menawarkannya. Sehingga tidak ada alasan lagi untuk malas-malasan membuat kebun di rumah karena bisa menggunakan tanaman hidroponik untuk mendapatkan sayuran dan buah-buahan yang segar.

0 comments:

Posting Komentar