Investasi P2P Lending? Cocok Kok Buat Anak Muda, Simak Alasannya Berikut Ini

Peer-to-Peer Lending atau P2P Lending hadir sebagai salah satu alternatif investasi yang menjadi keunggulan saat ini.

Tentunya, setiap produk investasi hadir dengan manfaat sendiri-sendiri. Manfaat yang ditawarkan oleh P2P Lending, baik jika dilihat dari sisi Investor maupun Peminjam, menjadikannya sebagai pilihan investasi alternatif yang tepat bagi berbagai kalangan masyarakat, terutama bagi para anak millennial.

P2P Lending hadir sebagai kesempatan yang solid tidak hanya bagi peminjam tetapi juga untuk kreditur sebagai investasi online. Negara-negara diluar sana seperti Amerika dan juga negara Inggris telah memimpin pertumbuhan di Pinjaman P2P Lending.

Saat ini, China merupakan pasar pinjaman P2P Lending terbesar di dunia. Dengan perkembangan yang kini sudah maju, kini P2P Lending juga turut hadir dan menjadi pilihan jenis investasi online yang sangat diminati oleh masyarakat, khususnya para investor.

Dengan melakukan investasi melalui instrument P2P Lending, Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan di antaranya:

1. Pengembalian yang Lebih Tinggi
Jika Anda melakukan investasi melalui P2P Lending, maka rata-rata tingkat suku bunga yang ditawarkan adalah mulai dari sebesar 18% per tahun. Tak jarang pula ada platform P2P Lending yang ada di Indonesia yang mampu memberikan bunga pengembalian efektif mulai dari 18% per tahun.

Tingkat suku bunga ini adalah jumlah yang terbilang signifikan jika dibandingkan dengan tingkat bunga yang ditawarkan oleh Bank Fixed Deposit (6% sampai 8%).

Dengan menawarkan pinjaman kepada calon peminjam melalui platform pinjaman online, Anda mungkin akan mendapatkan hasil yang lebih tinggi secara lebih signifikan.

Jika dibandingkan dengan Deposito Berjangka atau Reksadana, tingkat pengembaliannya bisa sebanyak dua kali lipat atau lebih.

2. Risiko Rendah
Sebagai calon investor, tentunya Anda sudah mengerti hubungan antara risiko dan return. Sederhananya yaitu jika Anda menginginkan hasil atau laba yang lebih tinggi, Anda harus mengambil risiko lebih tinggi pula. Beberapa investor menjadi korban korelasi ini dan mendapatkan laba atau hasil yang lebih tinggi, mereka berinvestasi di ekuitas melalui pasar saham.

Anda tentunya tidak tahu apakah nanti pada tahun tertentu ekuitas yang Anda miliki akan memberi Anda dividen atau tidak.

Dan jika keseluruhan pasar berjalan secara buruk, Anda mungkin akan melihat investasi asli Anda turun secara signifikan dalam segi nilai. Lebih buruk lagi, bahkan jika nilai awal Anda bisa hilang begitu saja.

Melalui investasi P2P Lending, risikonya bisa dinilai jauh lebih rendah dan resiko yang ada juga apabila terjadi default. Default ini artinya peminjam tidak dapat melunasi pinjamannya.

Tapi tentunya ada yang akan bertugas untuk memastikan agar hal itu jangan terjadi. Pinjaman biasanya hanya akan ditawarkan kepada peminjam yang terverifikasi, dimana artinya peminjam ini yang telah terpilih melalui berbagai tahap pemeriksaan termasuk riwayat kredit dan verifikasi alamat fisik mereka.

Hal ini tentunya akan lebih mengurangi kemungkinan terjadinya default pinjaman. Dengan cara ini, maka P2P Lending dapat dikatakan sebagai salah satu platform yang menawarkan cara investasi terbaik baik dari segi keamanan hutang dan laba hasil ekuitas.

3. Pengembalian Setiap Bulan
Tidak seperti instrument investasi keuangan lainnya, di mana bunga akan dibayarkan pada setiap tiga bulan, setengah tahunan atau tahunan. Melalui P2P Lending Anda bisa saja menarik bunga pinjaman Anda setiap bulan.

Pinjaman yang Anda berikan setiap bulan akan dilunasi termasuk bunganya. Dengan kata lain, keuntungan dari bunga yang Anda dapatkan akan Anda dapat secara teratur ke rekening Anda setiap bulan.

Anda kini tidak perlu menunggu pembayaran bunga kuartalan dari deposito tetap atau cek dividen dari investasi ekuitas Anda.

Keuntungan bunga akan didapatkan setiap bulannya secara teratur. Dimana ini sama saja dengan Anda telah menciptakan penghasilan pasif.

4. Kepemilikan Fleksibel
Tidak ada komitmen jangka panjang jika Anda investasi dengan P2P Lending. Anda dapat memberikan pinjaman selama beberapa bulan saja atau dalam beberapa tahun.

Anda dapat membagi investasi Anda melalui pinjaman dengan berbagai pilihan tenor pinjaman seperti 6 bulan, 1 tahun, 2 tahun, dan sebagainya. Anda bisa dengan mudah untuk menarik uang yang telah Anda investasikan kapan pun Anda perlukan.

5. Diversifikasi
Sudah jelas jika semua tahu bahwa diversifikasi mempunyai andil penting untuk mengurangi risiko portofolio dan untuk menghasilkan keuntungan optimal menjadi lebih baik.

Pinjaman P2P Lending menawarkan pilihan diversifikasi yang terbilang bagus. Dengan instrumen pendapatan tetap, Anda bahkan bisa menambahkan investasi yang lebih menguntungkan, yaitu memberi pinjaman dan mendiversifikasi portofolio Anda, Anda juga menciptakan diversifikasi terhadap investasi Anda yang dinilai berisiko seperti ekuitas.

Portofolio Anda akan dioptimalkan untuk risiko dan pengembalian.

Seperti kebanyakan, produk investasi memiliki kelebihan dan kekurangannya, sebaiknya perhatikan dulu poin-poin itu sebelum mengambil investasi.

Sumber : https://koinworks.com/blog/investasi-p2p-lending-untuk-anak-muda/

0 comments:

Posting Komentar