Tidak Terhubungnya Charger Laptop Dengan Sumber Listrik Membutuhkan Jasa Service Laptop

Sekarang ini kebanyakan orang memiliki laptop bukan sekedar untuk gaya gayaan seperti dulu, tetapi sudah menjadi kewajiban untuk memilikinya. Penggunaan laptop ini memiliki kelebihan utama jika dibandingkan dengan PC desktop yaitu simple dan mudah dibawa kemanapun. Sehingga laptop ini bisa digunakan dimana saja tanpa harus bergantung kepada adanya sumber listrik, tidak seperti pada PC desktop.

Setiap perangkat yang berbasis komputer portable seperti laptop, smartphone, PC tablet, dan perangkat yang lainnya memiliki baterai yang dijadikannya sebagai sumber energi. Bentuk baterai ini bermacam macam dan juga bervariasi tegangannya. Tetapi satu hal yang sama dari baterai yang ada pada perangkat elektronik portable apapun yaitu secara berkala harus diisi ulang baterainya. Tetapi seringnya terjadi kasus dimana charger laptop tidak dapat mengisi baterai meski telah dihubungkan pada sumber listrik.

Pastinya laptop tidak dapat menyala dengan hanya menggunakan baterai atau stop kontak saja, dan laptop hanya dapat menyala jika dihubungkan dengan chargernya saja. Tetapi akan dibutuhkannya jasa service laptop pada saat laptop tidak menyala meski telah dihubungkan chargernya.

Lalu apa yang menyebabkan tidak terhubungnya charger laptop dengan sumber listrik? Berikut 5 penyebab tidak terhubungnya charger laptop dengan sumber listrik diantaranya yaitu :

1. Masalah Pada Steker Charger
Tidak mengisinya charger laptop disebabkan karena rusak atau longgarnya sambungan antara kabel power pada charger dengan stop kontaknya. Adanya beberapa steker charger laptop yang membutuhkan konektor khusus untuk bisa tersambungkan ke stop kontaknya seperti steker berkaki tiga. Dibutuhkannya konektor khusus oleh steker berkaki tiga untuk dapat dihubungkan dengan stop kontak standar dua lubang. Konektor untuk steker kaki tiga tersebut biasanya memiliki saklar sendiri yang dilengkapi dengan lampu indikator.

2. Masalah Dikabel Charger
Beberapa kondisi kabel yang kasat mata kemungkinannya dapat menjadi mengindikasi telah terjadinya kerusakan pada kabel charger laptop. Pada saat kabel yang berada didalam jaket pembungkusnya (yang tidak kasat mata) terputus maka akan berpotensi tidak dapat mengisinya charger laptop. Hal ini biasanya disebabkan karena adanya tarikan yang cukup kuat pada kabel chargernya tersebut.

3. Masalah Pada Sambungan Kabel Charger
Adanya beberapa laptop dengan charger yang memiliki kabel terpisah antara bagian charger yang terhubung ke stop kontak dengan bagian charger yang terhubung ke laptop, bagian tersebut biasanya dapat dipisahkan dari bagian adapternya. Pada saat charger laptop tidak mengisi atau memasok daya ke baterai maka adanya kemungkinan bermasalahnya sambungan charger. Misalnya saja pada bagian kabel power yang menghubungkan langsung dengan stop kontak dengan adapter charger ada kotoran.

4. Masalah Diujung Kabel Atau Konektor Charger
Pada saat konektor charger yang menghubungkan port dengan laptop bermasalah maka akan menyebabkan terganggunya aliran listrik pada adapter chargernya. Sehingga akan mengakibatkan tidak terisinya baterai meski laptop telah terhubung ke charger laptop.

5. Masalah Panas Berlebih Pada Laptop
Laptop yang panas tidak boleh disepelekan karena dapat menyebabkan banyak masalah baik pada perangkat keras ataupun lunak pada laptop, termasuk akan terganggunya proses pengisian daya.

Sebenarnya permasalahan diatas dapat kamu atasi secara mudah dengan membeli charger baru jika memiliki budget yang cukup. Tetapi selain itu juga kamu bisa mengkonsultasikannya dengan jasa profesional tentang masalah yang dialami laptop. Pastikan mendiskusikannya dengan jasa profesional dengan mencarinya di Carijasa.co.id.

0 comments:

Posting Komentar