4 Hal yang Bikin Anda Kena Penyakit Jantung

Risiko terjadinya penyakit jantung bisa melonjak tajam jika Anda adalah orang yang memiliki kondisi berikut ini.

Penyakit jantung masih menjadi penyebab kematian utama di dunia hingga saat ini. Kondisi yang memiliki julukan sebagai “the silent killer” ini memang umumnya baru terdeteksi saat kondisi sudah terlanjur parah. Tak heran, sebagian besar kasus penyakit jantung berujung pada kondisi yang tidak diharapkan.

Berdasarkan penuturan dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, yang dimaksud dengan penyakit jantung adalah suatu keadaan yang menggambarkan masalah pada jantung dan pembuluh darah. Keadaan ini meliputi penyakit jantung koroner, kelainan jantung bawaan, aritmia atau gangguan irama jantung, infeksi jantung, atau gagal jantung.

“Penyakit jantung memiliki tanda dan gejala yang berbeda, sesuai dengan jenis penyakitnya. Namun secara umum, beberapa gejala awal penyakit jantung adalah nyeri dada, detak jantung tidak teratur, sesak napas, kehilangan kesadaran tiba-tiba, badan lemas dan lelah, serta keringat dingin,” ungkap dokter yang biasa disapa dr. Vita.

Hal yang bisa sebabkan penyakit jantung

Penyakit jantung dapat terjadi akibat adanya penyakit yang mendasari, atau kebiasaan buruk yang tanpa sadar Anda lakukan sehari-hari. Hal-hal yang termasuk, antara lain:

• Kolesterol tinggi
Jika Anda adalah orang dengan kadar kolesterol tinggi, sebaiknya segera upayakan untuk menurunkannya. Jika tidak, penyakit jantung sangat mungkin terjadi di kemudian hari.

Faktanya, kolesterol jahat (LDL) yang tinggi dapat menimbulkan simpanan lemak di dalam pembuluh darah. Keadaan ini membuat jantung harus memaksakan diri untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Jika dibiarkan berlanjut, lama-kelamaan akan menyebabkan terjadinya penyakit jantung atau serangan jantung.

• Kebiasaan merokok
Satu batang rokok mengandung ribuan zat berbahaya, yang beberapa di antaranya berkontribusi pada terjadinya sumbatan pada pembuluh darah. Pakar kesehatan mengatakan, kandungan nikotin yang ada pada rokok mampu menyebabkan gangguan di pembuluh darah dan jantung, yang jika dibiarikan terus-menerus dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung, serangan jantung dan stroke.

• Tekanan darah tinggi
Tekanan darah tinggi membuat jantung selalu bekerja keras untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Ini membuat organ vital tersebut tidak punya waktu istirahat untuk memperbaiki diri. Alhasil, fungsinya akan terganggu dan terjadilah penyakit jantung.

• Penyakit diabetes
Penyakit diabetes membuat penderitanya berisiko dua kali lipat untuk mengalami penyakit jantung. Ini karena kadar gula darah yang cenderung tinggi meningkatkan risiko penumpukan lemak di pembuluh darah, sehingga penyempitan dan pengerasan pembuluh darah jantung tak bisa dihindari lagi.

Jika Anda mengalami salah satu kondisi di atas, sebaiknya segera lakukan perubahan gaya hidup agar lebih sehat lagi. Mulailah untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, olahraga minimal 30 menit sehari, hindari alkohol, kelola stres dengan baik, dan cukup istirahat.

Lakukan pula pemeriksaan kesehatan secara berkala, agar kondisi tubuh dan jantung Anda terpantau dengan baik. Dengan ini semua, diharapkan penyakit jantung tidak akan datang dan mengancam kehidupan Anda.

0 comments:

Posting Komentar