Ikuti Cara Menjaga Kesehatan Kulit Saat Puasa Berikut Ini

Sudah wajar jika saat puasa kulit kita terlihat pucat, kusam, lesu atau kering karena kurangnya asupan air dan nutrisi lainnya. Jika kondisi ini dibiarkan tentu akan mengakibatkan munculnya beberapa masalah kulit di kemudian hari. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara menjaga kesehatan kulit saat puasa berikut ini.

• Menyiapkan face wipes
Ketika bepergian terutama saat menjalankan puasa, peluang kulit terasa kering dan kusam semakin besar. Tak ada salahnya jika Anda selalu menyiapkan face wipes di tas. Jadi, ketika kulit terasa kering Anda bisa langsung mengusapkan face wipes sehingga kulit terlihat segar kembali.

• Mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi saat sahur dan berbuka
Kesehatan kulit tergantung dengan aktivitas dan asupan gizi yang kita konsumsi. Oleh sebab itu, pastikan saat sahur Anda mengkonsumsi buah, makanan dan air putih yang cukup, demikian pula saat berbuka. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung air saat sahur akan menjaga kesegaran kulit sepanjang hari.

Mengkonsumsi kacang-kacangan seperti kacang almond dan kacang mete juga baik saat puasa. Kandungan asam lemak, protein dan serat dalam kacang-kacangan mampu menjaga kelembapan kulit dengan optimal.

Kurangi konsumsi makanan asin, berminyak dan pedas karena makanan asin akan meningkatkan penyerapan air dalam tubuh sehingga tubuh menjadi mudah haus dan terasa kering. Sedangkan makanan pedas membuat kita menjadi ingin minum lebih banyak.

• Menghindari paparan sinar matahari
Sebaiknya hindari paparan sinar matahari langsung mulai dari siang hingga sore hari. Jika beraktivitas di dalam ruangan, gunakan tabir surya dengan kandungan SPF 30. Jika lebih banyak beraktivitas di luar ruangan, maka gunakan tabir surya dengan SPF 50 dan pakai topi maupun kacamata UV untuk melindungi mata dan kulit wajah.

• Menghindari minuman berkafein dan bersoda
Cara menjaga kesehatan kulit saat puasa lainnya adalah mengurangi minuman bersoda dan berkafein. Kedua jenis minuman ini dikenal menjadi penyebab kulit kering karena menyerap mineral yang terdapat di dalam tubuh. Lebih baik perbanyak konsumsi air putih di saat sahur dan berbuka.

• Gunakan skincare
Untuk menyamarkan wajah pucat, Anda bisa menggunakan skincare secara rutin. Cara ini jauh lebih baik daripada menyamarkan kulit pucat menggunakan makeup berlebihan. Produk skincare yang harus ada di dalam tas saat bulan puasa diantaranya spray water atau face mist dan produk lipcare.

Produk spray water dan face mist akan mengembalikan kesegaran wajah dengan segera. Sedangkan produk lipcare akan mengurangi bibir kering dan pecah-pecah. Menggunakan lipcare juga lebih efektif mengatasi kulit pucat bila dibandingkan dengan menggunakan lipstik.

Bila memungkinkan, Anda juga bisa menggunakan produk seperti serum dan moisturizer yang mampu menyegarkan kulit. Kedua produk ini akan meresap ke dalam kulit dan mengembalikan kekenyalan kulit dengan segera.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan kulit saat puasa. Jaga kesehatan kulit Anda selama puasa demi menghindari kerusakan kulit di masa mendatang.

0 comments:

Posting Komentar