Ahli Ketipung Dangdut Dengan Tips Berikut

Seiring dengan semakin populernya musik dangdut, maka banyak orang-orang juga terutama para pemusik yang ingin belajar memainkan alat musik dangdut ataupun bernyanyi lagu dangdut terbaru. Alat musik dangdut itu sendiri sangat beragam, salah satunya yang khas dan populer yaitu ketipung. Tetapi memang masih ada beberapa orang yang belum mengetahui dengan jelas apa cara tepat main gendang ketipung. Kita semua lebih baik tahu hal penting pada saat belajar alat musik ketipung satu ini, kalau ingin semakin ahli memainkan alat musik ketipung. Memang ada banyak tips mudah belajar gendang ketipung.

Terdapat salah satu hal penting pada saat belajar alat musik ketipung yaitu seperti dengan latihan bermain alat musik dangdut gendang ketipung secara fokus dan juga konsisten. Baik itu para pemula ataupun yang profesional, tentunya harus selalu berlati memainkan alat musik termasuk alat musik dangdut gendang ketipung ini yang harus selalu dilatih agar bisa menguasai teknik dan cara bermain yang paling efektif. Ada banyak sebenarnya sumber pelajaran alat musik dangdut gendang ketipung misalnya dengan ikut komunitas, ikut ekstrakulikuler, ikut kelas genre musik tradisional, ikut sanggar-sanggar seni tradisional dan sebagainya.

Anda juga bisa mengikuti tutorial bermain alat musik dangdut gendang ketipung lewat akses Youtube. Hal yang penting yaitu Anda harus belajar memainkan alat musik dangdut gendang ketipung ini secara fokus dan juga menghentikan kegiatan lain pada saat berlatih. Dengan begitu, konsentrasi Anda pada saat belajar memukul alat musik dangdut gendang ketipung ini tidak akan terpecah. Anda bisa mengambil waktu sejam atau beberapa jam sehari untuk berlatih alat musik dangdut gendang ketipung ini. Selain dari yang di atas, memang masih terdapat cara tepat main gendang ketipung lainnya. Tips lainnya yaitu dengan belajar tekniknya memukul alat musik dangdut gendang ketipung itu sendiri.

Dengan cara satu ini, maka Anda akan tahu hasil bunyi yang keluar dari alat musik dangdut gendang ketipung tersebut dan bagaimana cara menghasilkannya. Misalnkan bunyi "thung" dengan cara memukul alat musik dangdut gendang ketipung pada bagian tengahnya dengan tebokan besar telapak dan juga semua jari-jari di tangan kanan. Ada juga bunyi "dhah" dengan cara memukul alat musik dangdut gendang ketipung di bagian tepinya tebokan besar memakai telapak dan juga 4 jari-jari di tangan kanan serta setelah memukul, langsung dilepas dengan secepatnya dari tebokannya. Adapun bunyi "tak" dengan cara memukul serta memberi tekanan memakai telapak dan juga semua jari-jari di tangan kiri dengan tebokan kecil.

Ada juga bunyi "tong" dengan cara memukul dan lalu segera melepas dengan secepatnya di bagian tepi (tebokan kecil) dengan memakai ujungnya jari tengah di tangan kiri Anda. Anda bisa memanfaatkan hal penting pada saat belajar alat musik ketipung di atas jika ingin lebih jago bermain gendang ketipung. Itu saja ulasan sederhana mengenai tips mudah belajar gendang ketipung kali ini. Dengan ulasan di atas, maka Anda dapat semakin mengerti apa kiat bermain alat musik dangdut ketipung. Lebih baik kalau Anda selalu mengingat cara tepat main gendang ketipung ini pada saat ingin semakin ahli memainkan alat musik ketipung. Semoga artikel mengenai hal penting pada saat belajar alat musik ketipung ini bisa membantu Anda semua.

Banyak orang yang tertarik untuk mempelajari cara bermain alat musik dangdut gendang ketipung ini. Hal tersebut dikarenakan memang untuk bermain pagelaran dangdut atau pentas musik dangdut bersama band, lebih baik memaksimalkan gendang atau juga ketipung.

0 comments:

Posting Komentar