Rekomendasi Asuransi Kesehatan yang Bagus

Berdasarkan studi dari literatur berbagai referensi serta pendapat dari  beberapa ahli perencana keuangan, maka diberikanlah beberapa rekomendasi asuransi bagus khususnya untuk perawatan kesehatan anda dan keluarga. Berikut ini kriteria-kriteria yang patut dipertimbangkan dalam memilih asuransi kesehatan.

Ciri-Ciri Asuransi Kesehatan yang Bagus


● Perusahaan Asuransi yang Dapat Dipercaya
Cara pertama untuk memilih asuransi kesehatan yang bagus yaitu memilih perusahaan asuransi yang memiliki kredibilitas yang tinggi  dan dapat dipercaya. Perusahaan asuransi yang baik tentunya akan memberikan pelayanan dan kualitas produk asuransi yang baik pula. Anda harus cerdas dalam memilih perusahaan asuransi kesehatan mana yang cocok untuk menjamin kesehatan Anda dan keluarga.

● Asuransi Cashless
Terdapat 2 jenis manfaat dari asuransi kesehatan, yaitu asuransi kesehatan reimburse dan asuransi kesehatan cashless. Sesuai dengan namanya, asuransi reimburse mengharuskan nasabah membayar seluruh biaya kesehatan terlebih dahulu dengan menggunakan keuangan atau dana nasabah pribadi.

Berbeda dengan asuransi cashless. Dengan adanya sistem ini maka nasabah tidak perlu membayar seluruh biaya kesehatan terlebih dahulu. Pihak asuransi yang akan menanggung biaya perawatan kesehatan nasabah di rumah sakit.

Biasanya, yang harus nasabah lakukan ketika nasabah dirawat di rumah sakit yaitu nasabah hanya menunjukkan kartu asuransi kesehatan, tanpa perlu membayar uang muka. Selain cara ini, nasabah juga bisa menyelesaikan tagihan dengan menggesek kartu asuransi kesehatan.

● Memiliki Jaringan Rumah Sakit yang Luas
Kriteria penting dalam memilih asuransi kesehatan yang bagus yaitu memilih asuransi yang memiliki jaringan rumah sakit yang luas. Jika sebuah perusahaan asuransi memiliki banyak kerja sama dengan pihak rumah sakit, maka nasabah akan diberi kemudahan dengan menggunakan sistem klaim.

● Platform Dan Premi Asuransi Yang Sesuai
Secara umum platform asuransi kesehatan yang Anda dipilih harus sesuai dengan kebutuhan, tidak kurang dan tidak lebih. Jika skenario yang diambil lebih rendah, maka Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk menutupi kekurangan yang tidak dijamin asuransi ketika rawat inap.

Jika skenario yang diambil lebih tinggi, maka Anda akan mengeluarkan sejumlah uang atau dana yang tidak diperlukan lagi nantinya. Lebih baik Anda bisa mengalokasikan dana tersebut untuk kebutuhan Anda yang lebih penting.

● Asuransi Kesehatan Murni
Ada berbagai macam jenis asuransi kesehatan yang umumnya ditawarkan oleh agen asuransi. Ada asuransi kesehatan murni dan ada juga asuransi unitlink. Asuransi kesehatan murni ini berdiri sendiri. Bila nasabah membayar premi pada asuransi ini, maka hanya akan membayar asuransi kesehatan saja, tanpa membayar serba serbi atau manfaat yang lain.

● Memiliki Fasilitas Rawat Inap
Biaya pada asuransi kesehatan biasanya mencakup 2 manfaat, yaitu manfaat rawat jalan dan manfaat rawat inap. Kriteria selanjutnya yang disarankan yaitu sebaiknya dengan memprioritaskan manfaat rawat inap.  Dengan manfaat rawat inap akan menanggung biaya yang lebih besar dibandingkan dengan manfaat rawat jalan.

● Pembayaran Bisa Auto Debit Kartu Kredit
Anda harus memperhatikan bahwa asuransi yang anda pilih terdapat sistem pembayaran auto debit kartu kredit.  Fasilitas pembayaran ini untuk membayar premi asuransi secara otomatis. Maksudnya, pembayaran premi dilakukan dengan cara debet otomatis dari kartu kredit. Tentunya tagihan ini akan muncul pada beberapa hari kemudian sesuai dengan tanggal cetak kartu kredit.

● Terdapat Masa Tunggu Penyakit
Setiap polis asuransi dari perusahaan manapun umumnya memiliki sebuah peraturan tentang masa tunggu penyakit. Setiap produk asuransi kesehatan haruslah memiliki syarat masa tunggu untuk beberapa penyakit. Maksudnya adalah ada beberapa penyakit tidak dapat diklaim selama jangka waktu tertentu sejak tanggal masa berlaku asuransi.

Dengan adanya waktu yang sangat terbatas melalui saluran telepon, maka telemarketing akan berbicara dengan cepat dan meringkas banyaknya informasi yang diberikan. Anda harus memastikan semua informasi detail yang ada pada polis asuransi yang anda butuhkan.

Jika Anda memang tertarik dan butuh waktu untuk berpikir dengan melakukan analisis terlebih dahulu, Anda bisa meminta nomor kontak pihak asuransi atau agen asuransi, yang bisa Anda hubungi ketika Anda sudah siap. Demikianlah artikel mengenai rekomendasi asuransi kesehatan yang bagus untuk anda dan keluarga. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar